Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Ukraina Klaim Hancurkan 9 Pesawat Rusia di Pangkalan Krimea

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Gambar satelit selebaran ini milik Maxar Technologies yang diambil pada Rabu 10 Agustus 2022, menunjukkan pangkalan udara Saki setelah serangan yang dilaporkan di Novofedorivka, Krimea, Ukraina.

Kyiv, Beritasatu.com- Militer Ukraina telah menghancurkan 9 unit pesawat Rusia di pangkalan Krimea. Seperti dilaporkan Bloomberg, Kamis (11/8/2022), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pesawat Rusia hancur dalam ledakan yang mengguncang pangkalan udara Krimea.

"Hanya dalam satu hari, penjajah kehilangan 10 pesawat tempur, sembilan di Krimea dan satu lagi ke arah Zaporizhzhia," kata Zelensky dalam pidato video malamnya kepada negara pada Rabu (10/8).

Menurut Zelensky, lebih banyak kendaraan lapis baja Rusia, gudang amunisi dan rute logistik juga hancur.

Para pejabat Rusia membantah serangan Ukraina yang menyebabkan ledakan pada Selasa di pangkalan udara Saky, setidaknya 200 kilometer dari garis depan terdekat. Pejabat menyalahkan amunisi yang meledak di satu gudang di tengah penyimpangan dalam peraturan keselamatan.

Citra satelit menunjukkan kerusakan yang luas pada bangunan dan pesawat di pangkalan yang digunakan Rusia untuk mendukung invasinya.

Para pejabat Ukraina telah mengisyaratkan bahwa pasukan mereka terlibat dan seorang ajudan utama presiden memperingatkan bahwa ledakan itu "hanyalah awal" dari upaya untuk merebut kembali Krimea.

Presiden Rusia Vladimir Putin mencaplok semenanjung itu pada tahun 2014 dan telah berulang kali menyatakan Krimea sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari Rusia, satu klaim yang ditolak oleh komunitas internasional yang menganggapnya sebagai wilayah Ukraina.

“Orang-orang yang tinggal di wilayah pendudukan harus melakukan semua yang mereka bisa untuk membantu dinas keamanan dan militer Ukraina dalam mengusir pasukan Rusia,” kata Zelensky dalam pidatonya.

Para menteri pertahanan dari negara-negara pendukung Ukraina yang bertemu di Kopenhagen pada hari Kamis akan membahas penyediaan lebih banyak senjata untuk pasukan Ukraina.

"Hanya dengan memastikan kekalahan Rusia di medan perang, hanya dengan kerugian Rusia - militer, politik, ekonomi - dapat mengembalikan keamanan Ukraina dan seluruh Eropa lebih dekat," kata Zelensky.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI