Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Alasan Pemilih PKB Cenderung Memilih Ganjar Pranowo

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:51 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR
Saiful Mujani.

Jakarta, Beritasatu.com - Pendiri Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) Saiful Mujani mengungkap alasan pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) cenderung memilih Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). Menurut Saiful, pemilih PKB dan Ganjar memang dekat secara sosiologis.

“Mengapa pemilih PKB cenderung memilih Ganjar Pranowo dibanding tokoh lain? Ini wajar, karena secara sosiologis pemilih PKB dan Ganjar dekat,” kata Saiful Mujani dalam acara Bedah Politik episode “Top Down Koalisi Gerindra-PKB?” sebagaimana disiarkan kanal Youtube SMRC TV, Jumat (12/8/2022).

“Jawa Timur dan Jawa Tengah adalah basis utama massa pemilih PKB dan wilayah itu pula yang menjadi basis pendukung Ganjar,” imbuhnya.

Saiful mengingatkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pernah melakukan tindakan politik yang menarik dalam kasus Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Saat pilgub, PKB tidak mendukung Ganjar Pranowo, melainkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Dalam kasus ini, Saiful melihat PKB memiliki pertimbangan lain di luar memenangkan pilgub. Karena itu, menurut Saiful, dalam Pilpres 2024, boleh jadi Muhaimin kembali memiliki pertimbangan lain.

“Ada target lain yang bisa dicapai melalui koalisi itu, tidak hanya secara harfiah koalisi capres dan cawapresnya bukan hanya untuk menang menjadi pasangan presiden dan wakil presiden. Itu terlalu sederhana kita melihat makna di balik rencana koalisi itu sendiri,” ujar Saiful Mujani.

Kalau dilihat dari aspek demand-side, menurut Saiful, seharusnya berkoalisi PKB tidak dengan Prabowo Subianto. Namun, jika PKB mendukung Ganjar, tidak ada jaminan bahwa Muhaimin Iskandar akan diusung menjadi cawapres.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI