Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Advokasi Warga, DPC Ikadin Jaksel Dirikan Posbakum Keliling

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 00:40 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS
Pelantikan pengurus DPC Ikadin Jakarta Selatan masa bakti 2022-2026, di Hotel Bidakara pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - DPC Ikatan Advokat Indonesia, (Ikadin) Jakarta Selatan mendirikan pos bantuan hukum (Posbakum) keliling untuk memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat kurang mampu. Posbakum keliling ini disebut merupakan gebrakan pertama organisasi advokat di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua DPC Ikadin Jakarta Selatan, Bontor OL Tobing, di sela pelantikan pengurus DPC Ikadin Jakarta Selatan masa bakti 2022-2026, di Hotel Bidakara pada Jumat (12/8/2022).

"Kami akan membuat kegiatan berdampak langsung kepada masyarakat. Contoh Posbakum keliling," kata Bontor dalam keterangannya.

DPC Ikadin Jakarta Selatan, katanya, akan melayani masyarakat di pengadilan negeri, pengadilan agama, Polres Metro Jakarta Selatan dan kejaksaan negeri.

"Itu cuma-cuma. Ini gebrakan pertama organisasi advokat mengadakan itu," katanya.

Upaya pendampingan hukum secara gratis juga akan diberikan kepada pelaku UMKM dan pedagang kaki lima. Untuk upaya pendampingan hukum itu, DPC Ikadin Jakarta Selatan bekerja sama dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Selatan.

Selain itu, DPC Ikadin Jakarta Selatan mengedukasi advokat muda untuk mendapat pengalaman beracara dan menyediakan program magang selama dua tahun. Nantinya setelah lulus, kata dia, mereka akan mendapatkan pendampingan dan memberikan jam terbang bekerja.

"Seminar dan webinar cara praktik hukum untuk advokat masih baru dan magang agar maju dan berkembang," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPC Ikadin Jakarta Selatan masa bakti 2022-2026, Julius Peranginangin, mengatakan acara ini diselenggarakan khusus untuk pelantikan dan penyerahan SK pengurus DPC Ikadin Jakarta Selatan dari DPP Ikadin.

"Acara hari ini pelantikan pengurus DPC. Jadi ini khusus pelantikan berikut penyerahan SK pengurus DPP Ikadin. Hadir 150 orang dari target 200 orang," kata Julius.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI