Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bek Keturunan Papua Jadi Pemain Terbaik Piala AFF U-16

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:45 WIB
Oleh : BW
Kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge mendapat predikat pemain terbaik.

Jakarta, Beritasatu.com – Bek keturunan Papua yang juga kapten tim nasional U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge menjadi pemain terbaik Piala AFF U-16 2022.

Menurut bek berdarah Papua yang lahir dan besar di Jawa Barat tersebut, gelar pemain terbaik Piala AFF U-16 2022 bisa didapatkannya berkat kerja sama seluruh elemen di skuad berjuluk Garuda Asia itu.

"Ini semua berkat kerja sama tim, bukan karena saya sendiri," ujar Iqbal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Pemain berposisi bek tengah itu menegaskan, bagi dia, yang paling penting adalah timnya mampu memenangi laga demi laga dan menjadi juara.

Iqbal sama sekali tidak pernah terpikir untuk mengejar trofi individu di Piala AFF U-16 2022.

"Itulah kenapa saya tidak menyangka menjadi pemain terbaik," kata pemain muda klub Bhayangkara FC itu.

Meski merendah, performa Iqbal memang apik di Piala AFF U-16 2022 dan sama sekali tak bisa diabaikan begitu saja.

Iqbal merupakan salah satu pemain yang tak pernah tergeser dari daftar sebelas pertama timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022. Remaja kelahiran Sumedang, Jawa Barat itu tak sekali pun diganti dengan pemain lain di turnamen tersebut.

Keberadaan Iqbal di lini pertahanan membuat Indonesia hanya kebobolan dua gol pada waktu normal sepanjang Piala AFF U-16 2022.

Berkat penampilannya yang tenang dan disiplin, Indonesia mampu melaju sampai ke final, Jumat (12/8/2022), di mana skuad berjuluk Garuda Asia menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 untuk menjadi juara turnamen.

Gelar juara Indonesia itu pun dilengkapi oleh Iqbal dengan trofi individunya.

Adapun dua gelar individu lain turnamen tersebut diborong oleh Thailand, tim peringkat ketiga Piala AFF U-16 2022.

Status penjaga gawang terbaik diberikan kepada kiper Thailand Tissanu Khuptanawin. Sementara pencetak gol terbanyak di turnamen adalah Tontawan Puntamunee (lima gol).

Sebelumnya diberitakan, PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) mengisyaratkan bahwa Bima Sakti akan tetap melatih tim nasional U-16 setelah pria berusia 46 tahun itu membawa skuadnya menjuarai Piala AFF U-16 2022.

"Masih akan dikawal coach Bima. Nanti kami akan mencarikan lagi pemain timnas U-16 berikutnya," ujar Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Bima Sakti berhasil dalam menjalankan tugasnya. Selain membawa timnas U-16 juara, dia juga dapat membangun suasana tim yang penuh kekeluargaan.

"Anak-anak sangat dekat sekali. Mereka makan bareng, salat pun demikian. Kemudian, orang tua pun dihadirkan ketika final," tutur Iriawan.

Bima Sakti dipercaya menangani timnas U-16 Indonesia sejak Desember 2018. Dia datang ke skuad berjuluk Garuda Asia untuk menggantikan Fakhri Husaini.

Dalam prosesnya, Bima berhasil membawa skuadnya lolos ke Piala Asia U-16 2020 setelah menjadi tim terbaik kedua pada kualifikasi.

Pada kualifikasi tersebut, Indonesia tak terkalahkan dan bahkan mampu mengimbangi Tiongkok 0-0. Namun, Piala Asia U-16 2020 batal digelar karena pandemi Covid-19.

Kemudian, pada pengalaman pertamanya pada Piala AFF U-16, tepatnya 2019, Bima mempersembahkan posisi ketiga untuk Indonesia. Tiga tahun kemudian, pemain timnas Indonesia era 1990-an itu mengantar skuadnya menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Berikutnya, Bima akan membawa anak-anak asuhnya mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022.

Pada kualifikasi itu, Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Malaysia, Uni Emirat Arab, Palestina dan Guam.
Indonesia akan menjadi tuan rumah semua pertandingan Grup B tersebut.

Akan tetapi, PSSI belum memutuskan di stadion mana laga-laga itu digelar.

Nantinya, 10 juara grup dan lima peringkat kedua terbaik kualifikasi berhak tampil pada putaran final bersama tuan rumah Piala Asia U-17 AFC 2023, Bahrain.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI