Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Festival Danau Sentani Akan Dilaksanakan pada Oktober 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:41 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR
Pre-event Festival Danau Sentani 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Pesta budaya Festival Danau Sentani 2022 yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2022. Menjelang penyelenggaraan festival tersebut digelar pre-event Festival Danau Sentani 2022 di Jakarta bertajuk “Papua Intimate Dinner”, Jumat (12/8/2022).

“Tahun ini kita selenggarakan tidak bulan Juni tetapi bulan Oktober bertepatan dengan hari kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura sekaligus digelar Konggres masyarakat adat seluruh nusantara,” ujar Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya, Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura. Festival ini diselenggarakan sejak tahun 2007 dan telah menjadi agenda tahunan serta masuk dalam kalender pariwisata utama Kabupaten Jayapura.

“Kita mau tunjukan budaya dan keunikan Papua bersamaan dengan konggres masyarakat adat Nusantara bersama-sama dengan saudara-saudara dari seluruh Indonesia kita akan suarakan keberagaan budaya yang kita miliki untuk membangun persatuan dan kesatuan Indonesia,” katanya.

Pelaksanaan festival diisi dengan tarian-tarian adat diatas perahu, tarian perang khas papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, serta sajian berbagai kuliner khas Papua.

Kegiatan pre-event dilaksanakan untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Jayapura, yaitu Danau Sentani. Diharapkan nantinya dapat meningkatkan jumlah turis lokal maupun internasional untuk menghadiri Festival Danau Sentani 2022. Selain itu juga dalam rangka mempromosikan keunikan budaya Kabupaten Jayapura serta produk-produk UMKM Papua.

Pre-event Festival Danau Sentani 2022 dikemas dalam bentuk drama musikal yang mengangkat kebudayaan masyarakat disekitar Danau Sentani. Drama musikal ini dibawakan oleh artis-artis Papua yaitu Nogei (Stephen Wally dan Michael Jakarimilena), Putri Nere, Lala Suwages, Nobo Sasamu, Boii Adalah, serta para penari dari Kasbi Dance.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI