Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Deolipa: Saya Akan Laporkan Ronny Talapessy ke Peradi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:19 WIB
Oleh : Achmad Fauzi / WM
Pengacara Deolipa Yumara saat memberikan keterangan berkaitan dengan pencopotannya sebagai kuasa hukum Eliezer di Depok, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Depok, Beritasatu.comDeolipa Yumara akan melaporkan pengacara baru Bharada E ke Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Menurut dia, hal ini penting karena berkaitan dengan kode etik pengacara.

Diketahui, Deolipa sendiri baru-baru ini dipecat sebagai pengacara Bharada E. Tugasnya digantikan oleh Ronny Talapessy.

Kecewa dengan keputusan yang dinilainya banyak kejanggalan itu, Deolipa pun melakukan manuver atau serangan balik. Selain bakal menuntut negara sebesar Rp 15 triliun, mantan aktivis 98 itu juga akan melayangkan laporan terhadap Ronny Talapessy ke Peradi.

Menurut Deolipa, Ronny melanggar kode etik advokat.

“Pengacara yang baik ketika dia menggantikan pengacara yang lain, dia harus tanya dulu kepada pengacara yang terdahulu. Ini kode etik pengacara ya,” tegasnya kepada awak media, di Depok, pada Sabtu, (13/8/22).

Ketika disinggung apakah tahu berapa nominal fee yang didapat pengacara baru Bharada E, Deolipa mengaku tak tahu menahu.

Menurut Deolipa, pengacara yang baik adalah datang kepada pengacara sebelumnya untuk menyampaikan hal yang ia ambil alih dari sebuah kasus.

Gini ya, ini kan kita tiba-tiba dicabut sama klien, itu pengacara yang baik akan tanya, bang apa sih persoalannya bisa dicabut, itu dia,” ungkapnya.

“Namun kalau saya ngundurin diri, enggak perlu pengacara yang baru menanyakan hal itu ke saya, bebas orang ngundurin diri kok, lepas,” katanya.

Deolipa menambahkan, dalam kasus ini seharusnya Ronny membuka komunikasi pada dirinya.

“Pengacara yang baru ini harusnya tanya ke saya, itu kode etik profesi. Makanya saya akan sampaikan juga kepada profesi pengacara, coret jadi pengacara,” tegasnya.

Adapun bentuk laporan tersebut akan dilayangkan ke Peradi.

“Peradi saya laporin dong ya kan, orang-orang Peradi bos-bosnya teman saya semua, orang saya juga Ketua Umum Asosiasi Pengacara se-Indonesia, tahu saya kode etik,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI