Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

11 Tewas, Ratusan Tentara Meksiko Dikerahkan Atasi Bentrokan Kartel

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:49 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Ilustrasi bentrokan massa.

Juarez, Beritasatu.com - Ratusan tentara Meksiko dikirim ke kota perbatasan Juarez Jumat (12/8/2022) setelah bentrokan di penjara meletus antara anggota dua kartel yang bersaing menyebabkan kerusuhan dan baku tembak yang menewaskan 11 orang, kebanyakan dari mereka warga sipil, kata pihak berwenang.

Los Chapos, anggota Kartel Sinaloa terkenal yang sebelumnya dipimpin oleh Joaquin "El Chapo" Guzman, dan kelompok lokal Los Mexicles bentrok di sebuah penjara Kamis sore, kata Wakil Menteri Keamanan Ricardo Mejia.

Kerusuhan kemudian pecah, menyebabkan dua orang tewas tertembak dan empat terluka dengan luka tembak, kata Mejia, berbicara bersama Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada konferensi pers reguler. 16 lainnya terluka dalam pertempuran itu, katanya.

Para pejabat tidak mengatakan apa yang menyebabkan bentrokan itu.

Setelah kerusuhan, Mexicles mengamuk di kota, kata pihak berwenang, menewaskan sembilan warga sipil. Di antara mereka ada empat karyawan sebuah stasiun radio, termasuk satu penyiar, kata Mejia.

Di seluruh kota, toko serba ada ditembak dan dibakar. FEMSA, perusahaan induk dari rantai Oxxo, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu karyawannya dan seorang wanita yang melamar pekerjaan tewas dalam kekerasan tersebut.

Sekitar pukul 01.00 Jumat dini hari, enam tersangka anggota Mexicles ditangkap oleh polisi setempat, dengan bantuan dari Angkatan Darat dan Garda Nasional, kata Mejia.

Pada Jumat sore, sekitar 300 tentara Angkatan Darat dijadwalkan tiba di kota, dengan 300 lainnya menyusul.

"Wali kota Juarez Cruz Perez telah memberi tahu kami bahwa (kota) sekarang dalam keadaan tenang; ketertiban umum telah dibangun kembali," kata Mejia.

"Kami berharap itu tidak terjadi lagi, karena orang-orang yang tidak bersalah diserang," kata Lopez Obrador.

Serangan Kamis menyusul bentrokan antara kartel dan militer di Meksiko tengah, yang menyebabkan taksi, bus, dan sekitar 20 toko Oxxo dibakar, kata Lopez Obrador.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: CNN


BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI