Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Presiden Prancis Setujui Penambahan Anggota NATO

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Emmanuel Macron 

Paris, Beritasatu.com- Presiden Prancis Emmanuel Macron menyetujui penambahan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Seperti dilaporkan RT, Sabtu (13/8/2022), Macron menandatangani dokumen resmi yang menyetujui permohonan Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota NATO.

Meskipun pernah menyebut blok militer pimpinan AS "mati otak", Macron telah mengubah taktik sejak Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Parlemen Prancis menyetujui proposal perluasan awal bulan ini, setelah kedua negara Nordik itu mendaftar untuk bergabung dengan aliansi pada Mei. Dengan mengajukan petisi kepada blok Barat untuk keanggotaan, Finlandia dan Swedia meninggalkan sikap non-blok mereka sebelumnya. Finlandia secara resmi telah netral sejak tak lama setelah Perang Dunia II dan Swedia sejak awal abad ke-19.

"Pilihan berdaulat Finlandia dan Swedia, dua mitra Eropa, akan memungkinkan untuk memperkuat keamanan mereka dalam menghadapi ancaman saat ini di lingkungan terdekat mereka," bunyi pernyataan dari Istana Elysee yang dikutip oleh kantor berita AFP, dengan "ancaman" yang dimaksud mungkin merujuk pada Rusia.

Saat Moskwa memperingatkan Swedia dan Finlandia pada Mei tentang “konsekuensi militer dan politik yang serius” jika mengajukan tawaran untuk keanggotaan NATO, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa karena Rusia tidak memiliki perselisihan teritorial dengan kedua negara, Moskwa relatif tidak terganggu oleh prospek tersebut.

Sebaliknya, Rusia selama beberapa dekade menggambarkan prospek Ukraina yang bersekutu dengan NATO sebagai ancaman keamanan yang tidak dapat diterima, pada akhirnya mengirim pasukan ke negara itu sebagian dalam upaya untuk mencegah hasil ini.

Jika Ukraina bergabung dengan aliansi tersebut, klaim teritorialnya atas Krimea – yang memilih untuk bergabung dengan Federasi Rusia pada 2014 – dapat membawa NATO ke dalam konflik langsung dengan Rusia.

Semua dari 30 anggota NATO harus meratifikasi tambahan baru untuk aliansi. Turkiye mengancam pada bulan Mei untuk memveto tawaran keanggotaan Finlandia dan Swedia. Turkiye mengutip dugaan dukungan Stockholm dan Helsinki untuk Kurdi yang dianggap Ankara sebagai teroris.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI