Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

156 Ekor Sapi Masih Terinfeksi Virus PMK di Siak Riau

Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:03 WIB
Oleh : JEM
Salah satu hewan ternak sapi yang terinfeksi virus PMK di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Saat ini sudah 284 yang terinfeksi tersebut di 10 kecamatan di Siak.  

Siak, Beritasatu.com - Sebanyak 156 ekor ternak sapi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, masih terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sempat menyebar 10 kecamatan pada 21 kampung (desa) di wilayah itu.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Siak, Susilawati, Minggu (14/8/2022), mengatakan ke-10 kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Kandis, Minas, Tualang, Kerinci Kanan, Lubuk Dalam, Dayun, Koto Gasib, Bungaraya, Siak, dan Mempura.

"Sebelumnya sebanyak 284 sapi dinyatakan positif PMK, yang masih dinyatakan sakit sebanyak 156 ekor, yang sembuh 121 ekor, tiga ekor mati dan empat potong paksa," kata Susi.

Saat ini pihaknya telah menerjunkan petugas untuk melakukan vaksinasi ke hewan yang masih dalam kondisi sehat. Hingga saat ini total hewan yang telah divaksinasi sebanyak 2.259 ekor.

"Vaksinasi ini dilakukan guna membentuk kekebalan tubuh ke hewan yang sehat," kata Susi.

Susi juga mengatakan, sejauh ini pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke pihak kecamatan, penghulu hingga peternak. Itu tentang cara mengatasi dan mengantisipasi penyebaran PMK ke hewan ternak.

Dikatakannya bahwa cara vaksinasi dengan mengurung kampung yang terjangkiti. Lalu kampung tetangganya yang ada ternak itu yang akan divaksinasi.

Pada kampung terjangkit, pihaknya akan melakukan penanganan medis. Di antaranya memberi dukungan atau analgesik dan mengimbau masyarakat untuk tidak membawa ternaknya keluar kampung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI