Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Menko PMK Serahkan Bendera IOI 2023 kepada Hungaria

Senin, 15 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Pemerintah Indonesia menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-35 tahun 2023 kepada Hungaria pada acara penutupan IOI ke-34 di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu 14 Agustus 2022 malam.

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK, Muhadjir Effendy menyerahkan bendera secara estafet penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-35 tahun 2023 kepada Hungaria.

“Selamat kepada Hungaria sebagai penyelenggara IOI berikutnya. Semoga penyelenggaraan tahun ini dapat menjadi contoh dan pembelajaran yang baik untuk penyelenggaraan IOI selanjutnya,” ucap Muhadjir dalam sambutan penutupan IOI ke-34 di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).

Dalam sambutannya, Muhadjir menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta IOI baik yang mengikuti secara daring maupun luring. Menurutnya, IOI merupakan bukti bahwa sebagai masyarakat global memiliki semangat tinggi untuk kembali bangkit dari tantangan, tidak menyerah pada situasi yang penuh keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

Muhadjir menyebutkan, IOI menjadi salah satu wujud kekuatan ilmu dan pendidikan dengan tekad kebersamaan serta kolaborasi yang selaras dengan semangat dalam Presidensi G-20 tahun 2022.

“Indonesia mengajak negara-negara bergotong royong memulihkan pendidikan, terutama untuk mempersiapkan para pelajar menjawab tantangan masa depan dengan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni,” ujar Muhadjir.

Pada kesempatan sama, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengapresiasi para pemenang IOI. Ia juga berharap capaian prestasi yang diraih peserta menjadi talenta digital yang bergotong royong membangun dunia untuk lebih baik di masa depan.

Sebagai informasi, penyerahan estafet penyelenggaran IOI ditandai dengan memberikan bendera IOI dari pemerintah Indonesia yang diwakili Menko PMK kepada perwakilan pemerintah Hungaria yang diwakili oleh Duta Besar Hungaria, Lilla Karsay. Bendera estafet IOI menjadi tanda kesiapan Hungaria menggelar ajang internasional bergengsi di bidang informatika pada tahun 2023 mendatang.

Dalam sambutannya melalui video, Menteri Negara Inovasi dan Pendidikan Tinggi Hungaria, Gyorgy Laszlo menyampaikan apresiasi atas kehormatan yang diberikan.

“Terima kasih, saya merasa terhormat dapat terpilih sebagai tuan rumah IOI di tahun selanjutnya bertepatan dengan selebrasi 120 tahun peringatan kelahiran John Von Neumann, salah seorang penemu ilmu komputer dasar dan berbagai disiplin ilmu kehidupan dunia yang kita tempati saat ini,” ujar Gyorgy.

Lebih lanjut, Gyorgy mengungkapkan rasa bangga terhadap siswa di Hungaria yang telah berkompetisi dengan baik dan memenangkan hampir 100 medali selama 20 tahun terakhir. Menurutnya, pendidikan bidang informatika di Hungaria sangat diutamakan.

“Informatika dan matematika menjadi sebuah warisan di Hungaria, karena jika masyarakat tidak percaya bahwa matematika itu adalah hal yang mudah, itu hanya karena mereka tidak menyadari betapa rumitnya hidup ini,” ungkap Gyorgy menyampaikan kutipan dari John Von Neumann, tokoh ahli matematika dan fisika asal Hungaria.

Menutup sambutannya, Gyorgy antusias menyambut kehadiran peserta IOI di Hungaria. “Sampai jumpa di Hungaria pada tahun 2023, kami akan menantikan dan menyambut dengan hangat,” ujar Gyorgy.

Tim IOI Indonesia yang berhasil meraih delapan medali di ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34, yang diselenggarakan di Yogyakarta, pada 7–15 Agustus 2022.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti dalam laporan penutupan IOI ke-34 ini menyampaikan acara berlangsung selama sepekan ini diikuti oleh peserta dari 90 negara.

Ia menuturkan, IOI ke-34 yang bertema Digital Energy of Asia merupakan bentuk dukungan terwujudnya masyarakat 5.0.

"Di mana menempatkan teknologi digital akan menjadi sangat dekat dengan kehidupan manusia dan dikembangkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan kehidupan," ujarnya.

Suharti menyebutkan, IOI ke-34 diikuti oleh 536 peserta dari 357 kontestan dan 179 leader, team leader, pendamping, dan tamu. Sejumlah 414 peserta berpartisipasi secara luring dan 122 peserta mengikuti kompetisi secara daring.

“Pada tahun ini, penyelenggaraan IOI ke-34 memberikan sebanyak 180 medali yaitu 30 medali emas, 59 perak, dan 91 perunggu kepada pemenang kompetisi,” ujar Suharti.

Selain itu, penghargaan Honorable Mention diberikan kepada 36 peserta dengan nilai yang tinggi pada salah satu hari kompetisi. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kerja keras dan capaian baik dari para peserta. Pada malam ini diberikan juga penghargaan Distinguished Award untuk 2 peserta.

Suharti menjelaskan bahwa ajang IOI diselenggarakan dengan lima tujuan, yakni; Pertama, untuk ajang mendorong, menantang, dan memberikan pengakuan terhadap anak-anak muda yang memiliki talenta hebat di bidang informatika.

Kedua, untuk membangun persahabatan internasional diantara para ilmuwan dan para pendidik bidang komputer.

Ketiga, untuk memperkenalkan disiplin ilmu informatika kepada kaum muda. Keempat, untuk mempromosikan penyelenggaraan kompetisi informatika kepada siswa sekolah menengah.

Kelima, untuk mendorong negara-negara lain sebagai penyelenggara kompetisi IOI di masa depan.

“Bagi Indonesia, ajang ini selain sebagai ajang prestasi, juga sebagai sarana untuk menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi bagi anak-anak Indonesia dalam rangka Merdeka Belajar,” ujar Suharti.

Suharti juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan IOI ke-34 secara hibrida di Indonesia.

“Selamat kepada para pemenang, jangan berkecil hati bagi yang belum berkesempatan mendapat juara. Terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IOI tahun ini,” ucap Suharti.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI