Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Airlangga Hartarto: KIB Ingin Wujudkan Cita-cita 3S

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas dan Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa saat menyampaikan visi-misi KIB di Surabaya, Minggu, 14 Agustus 2022.

Surabaya, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ingin mewujudkan cita-cita Indonesia sejahtera dengan 3 S, yakni sehat manusia, sehat ekonomi dan sehat bumi. Hal itu disampaikan Airlangga saat menyampaikan visi-misi KIB di Surabaya, Minggu (14/8/2022).

"Sehat manusia artinya SDM unggul, punya kesehatan yang kuat, termasuk kita harus graduate atau lulus dari Covid-19, dan kita harus mempunyai sistem ketahanan, yang bila ada pandemi lain, kita siap menyelesaikannya," papar Airlangga dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (15/8/2022).

"Sehat ekonomi artinya ekonomi yang mensejahterakan rakyat dan inklusif, atau leaving no one left behind untuk kesejahteraan rakyat," imbuhnya.

Untuk sehat bumi, Airlangga mengatakan, hal itu terkait dengan ekonomi sirkular, ramah lingkungan dalam situasi perubahan iklim saat ini.

"Berarti kita bicara sustainable, kita bicara green economy, kita bicara blue economy, dan juga kita bicara circular economy, " kata Airlangga.

"Hari ini kita diamankan dengan cuaca hujan, sehingga pertanian kita melimpah. Tetapi ke depan, kita belum tahu akibat climate change, kita khawatir di negara-negara Eropa, sudah ada musim panas yang terlalu tinggi, produksi wheat (gandum) mereka juga terganggu dengan beberapa lahan yang terbakar," paparnya.

Untuk mencapai cita-cita tersebut, diperlukan akselerasi transformasi ekonomi nasional, yang dirumuskan KIB dalam program Paten atau program akselerasi transformasi ekonomi nasional. Hal ini mengingat kesempatan yang sudah makin sempit, tidak bisa lagi hanya bertindak bussines as usual atau biasa-biasa saja.

Airlangga menambahkan, untuk mewujudkan visi misi KIB diperlukan upaya keras, dan kolaborasi dengan seluruh elemen.

"Kita perlu lebih banyak partai bergabung dan tentu KIB ini merupakan ikhtiar kita untuk usaha bersama menyatukan politik, menyatukan ide dan gagasan, agar masyarakat Indonesia bisa sejahtera," ujarnya.

Mengutip lagu kebangsaan Indonesia Raya, Airlangga Hartarto mengatakan tekad bangsa Indonesia yang tercermin adalah bangunlah jiwanya, tentunya dengan akal budinya mengembangkan pendidikan karakter, watak, pikiran dan etika.

"Bangunlah badannya berarti harus sehat, ketahanan pangan, ketahanan energi, iklim yang kondusif, dan infrastruktur yang memadai. Untuk Indonesia maju, sejahtera dan jaya," kata Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI