Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kembali ke RI, Surya Darmadi Naik China Airlines dari Taipei

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:42 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM
Tersangka kasus dugaan korupsi PT Duta Palma Group Surya Darmadi (tengah) tiba di gedung bundar Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin 15 Agustus 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Bos Duta Palma Group/ Darmex Group, Surya Darmadi alias Apeng telah tiba di Indonesia, Senin (15/8/2022). Surya Darmadi diketahui ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) atas kasus dugaan korupsi yang merugikan keuangan negara hingga Rp 78 triliun. Selain itu, Surya Darmadi juga menjadi tersangka KPK atas kasus dugaan suap alih fungsi hutan.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan, Surya Darmadi mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 13.20 WIB. Surya Darmadi tiba di Indonesia dengan naik pesawat China Airlines. Surya Darmadi terbang dari Taipei, Taiwan.

"Yang bersangkutan datang dengan menumpang pesawat China Airlines CI 761 rute Taipei-Cengkareng," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh dalam keterangannya, Senin (15/8/2022).

Sebelumnya, Juniver Girsang, kuasa hukum Surya Darmadi mengatakan, kliennya akan datang ke Indonesia. Setibanya di Indonesia, Surya Darmadi akan langsung mendatangi tim penyidik untuk menjelaskan seluruh dugaan melakukan tindak pidana tersebut.

Juniver menjelaskan alasan kliennya tidak menghadiri panggilan penyidik sebelumnya. Dikatakan, Surya Darmadi yang sudah lansia tengah menjalani pengobatan di luar negeri. Namun, Surya Darmadi berupaya untuk mempercepat pengobatannya guna menghormati proses hukum yang berlaku.

Diketahui, Kejagung menetapkan Surya Darmadi alias Apeng sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu. Perkara tersebut ditaksir merugikan keuangan negara hingga Rp 78 triliun.

Sebelumnya, KPK menetapkan Surya Darmadi selaku pemilik PT Darmex Group/ PT Duta Palma serta Legal Manager PT Duta Palma Group, Suheri Terta sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau tahun 2014. Selain itu, dalam kasus ini, KPK juga menjerat anak usaha PT Duta Palma Group, yakni PT Palma Satu sebagai tersangka korporasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI