Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Bawaslu: 275 Nama Pengawas Pemilu Dicatut oleh Parpol

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:59 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 15 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sebanyak 275 nama pengawas pemilu yang dicatut oleh partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 menjadi anggota atau pengurus parpol bersangkutan. Hal ini berdasarkan hasil pengawasan dalam proses pendaftaran parpol pada 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022 dan pengawasan proses verifikasi administrasi yang sudah dimulai 2 Agustus 2022 lalu.

"Bawaslu juga mendapatkan ada nama jajaran yang dicatut sebagai anggota dan pengurus partai politik di dalam Sipol (sistem informasi partai politik) hingga hari ke-14 tahapan pendaftaran," ujar Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, dalam jumpa pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Bagja pun meminta KPU untuk segera mengambil tindakan atas pencatutan nama pengawas pemilu tersebut. Tindakan tersebut antara lain memberikan teguran kepada parpol bersangkutan dan mencoret nama pengawas pemilu dari daftar anggota atau pengurus parpol.

"Kami merekomendasikan ke KPU untuk menegur parpol bersangkutan. Ini pelanggaran administrasi, sanksinya pencoretan nama tersebut," tegas Bagja.

Namun, Bagja enggan membeberkan parpol calon peserta Pemilu 2024 yang melakukan pencatutan nama tersebut. Bawaslu, kata dia, sedang dalam proses penelusuran pencatutan nama tersebut.

"Parpolnya belum bisa kita sebutkan karena ini 275. Ada nama satu orang ternyata dicatut tiga sampai lima parpol. Itu juga jadi persoalan, jadi kami akan tunggu sampai dengan 275 ini kami serahkan ke KPU untuk diperbaiki. Kita akan tetap memantau seluruh proses yang ada," kata Bagja.

Dari 275 nama tersebut, sebanyak 216 orang staf di kantor Bawaslu, 31 anggota Bawaslu, 16 orang tenaga pendukung, lima orang Ketua Bawaslu, tiga orang bendahara Bawaslu, dua orang kepala sub bagian, satu orang koordinator sekretariat dan satu orang anggota Panwaslih.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI