Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jelang Pemilu, KPK Diminta Lebih Gencarkan Mitigasi Pencegahan Korupsi

Senin, 15 Agustus 2022 | 23:31 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW
Ilustrasi KPK.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Pusat Bantuan Hukum Masyarakat (PBHM) Ralian Jawalsen mengatakan, maraknya penangkapan kepala daerah beberapa waktu terakhir menunjukkan kepemimpinan Firli Bahuri bersama komisioner lain di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) efektif. Kini, jelang Pemilu 2024, KPK diminta lebih menggencarkan mitigasi pencegahan korupsi.

“Dari aspek penindakan cukup efektif dan saya kira jumlah ini masih akan terus bertambah ke depan,” ujar Ralian, Senin (15/8/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, meski penangkapan kepala daerah merupakan peristiwa yang sejatinya memprihatinkan, upaya penindakan oleh KPK tak pernah surut dalam kerja pemberantasan korupsi.

“Ketua KPK sering menyatakan yang korupsi pasti ditangkap. Itu terbukti. Dan saya yakin, KPK bakal lebih sibuk lagi karena tren korupsi biasanya meningkat jelang pilkada atau pemilu,” kata Ralian.

Dia menjelaskan, korupsi kepala daerah berpotensi meningkat seiring dimulainya tahapan Pemilu 2024. Apalagi saat ini partai politik sudah mulai memanaskan mesin politik.

Dengan berkaca pada pengalaman sebelumnya, mendekati pilkada dan pemilu, dia menyebut tren korupsi mengalami peningkatan karena mahalnya biaya politik yang harus dikeluarkan kepala daerah yang hendak mencalonkan diri.

“Di sini praktik korupsi marak terjadi, modusnya macam-macam untuk itu perlu ditingkatkan upaya mitigasi sekaligus pengawasan dan penindakan terhadap kepala daerah, termasuk penjabat kepala daerah," kata Ralian.

Kolaborasi antara KPK dengan Kemendagri, BPK, dan Kejaksaan juga kata Ralian penting dalam meminimalisasi tindakan koruptif.

“Prinsipnya mitigasi harus ekstra, fungsi koordinasi, supervisi dan pencegahan,” tutup Ralian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI