Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Jika Layak, KPK Bakal Naikkan Laporan Dugaan Suap Sambo ke Penyelidikan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:20 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WM
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu 17 Agustus 2022

Jakarta, Beritasatu.com – Mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap terhadap petugas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). KPK memastikan bakal menaikkan laporan dugaan suap Irjen Sambo tersebut ke tahap penyelidikan jika memang dinilai layak.

“Sejauh ini sekali lagi KPK sepanjang ada laporan dan laporan tersebut layak untuk kami tindaklanjuti melalui proses penyelidikan, tentu kami akan tindaklanjuti,” ungkap Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Diketahui, dugaan suap tersebut dilaporkan oleh Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (Tampak) dan telah diterima oleh KPK. Ghufron memastikan, sesuai prosedur yang berlaku, KPK bakal menindaklanjuti laporan tersebut.

“Tentu secara prosedural, kami akan menindaklanjuti untuk kemudian ditelusuri apakah benar laporan tersebut akan dugaan tindak pidana korupsinya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Irjen Ferdy Sambo diketahui dilaporkan ke KPK oleh Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan (Tampak) lantaran diduga berusaha menyuap LPSK terkait kasus kematian Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam laporannya, Tampak melampirkan pemberitaan di beberapa media yang menyebut pihak Irjen Ferdy Sambo menyodorkan amplop cokelat kepada LPSK.

Sebelumnya, Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, ada dua amplop coklat yang diduga berisi uang dari orang suruhan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang diserahkan kepada petugas LPSK. Namun, kedua amplop tersebut langsung dikembalikan.

"Langsung dikembalikan," tegas Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat dihubungi, Jumat (12/8/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI