Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

HUT Ke-77 RI, Hasto dan Pimpinan PDIP Gelar Doa dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:37 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan pimpinan DPP PDIP menggelar doa dan tabur bunga dalam peringatan HUT ke-77 RI di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Agustus 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Memperingati HUT ke-77 RI, DPP PDIP menggelar doa dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022) petang. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang datang bersama pimpinan DPP PDIP.

Mereka yang ikut dalam kegiatan ini, antara lain Hamka Haq, Nusyirwan Soedjono, Eriko Sotarduga, Djarot Saiful Hidayat, Sri Rahayu dan Sadarestuwati. Selain itu, hadir juga sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR, pengurus DPD dan DPC PDIP se-DKI Jakarta serta Kepala Sekretariat PDIP, Yoseph Aryo Adhi Dharmo.

Tiba di gerbang utama TMP Kalibata, mereka berdiri rapi dan memberi salam hormat ke arah makam. Hasto dan rombongan tampak mengenakan batik lengan pendek dan peci hitam. Acara ziarah kubur dan doa dipusatkan di makam tanpa nama.

"Ibu Megawati Soekarnoputri berpesan bahwa sebagai bangsa besar adalah yang hormati perjuangan para pahlawan bangsa. Di hari yang keramat ini, hari kemerdekaan yang diperjuangkan dan pengorbanan para pahlawan bangsa. Kita datang untuk mengkhidmati perjuangan para pahlawan," kata Hasto dalam sambutannya.

Para pahlawan, kata Hasto, gugur demi suatu keyakinan bahwa Indonesia bisa merdeka. Untuk itu, kata dia, menjadi tugas generasi sekarang meneruskan perjuangan para pahlawan agar mencapai masyarakat adil dan makmur.

"Ibu Megawati mengajarkan kita termasuk para cucu Beliau agar jangan lupa dengan para pahlawan tak dikenal," tegas Hasto.

Karena perjuangan para pahlawan, kata Hasto, bangsa Indonesia hadir menjadi bangsa yang merdeka dan meletakkan nasib di atas tangan sendiri. Hasto pun mengingatkan pesan Megawati dalam arahannya secara virtual saat upacara HUT ke-77 RI yang diselenggarakan DPP PDIP, bahwa masyarakat tidak boleh sesekali meninggalkan sejarah atau Jasmerah.

"Sebagai bagian penghormatan kita bersama-sama berdoa dengan hikmat. Berdoa agar para pahlawan bangsa yang berjuang untuk tanah air mendapat tempat yang terbaik di surga dan keluarga ditinggalkan bergelora semangat perjuangan para pahlawan bangsa," ucap Hasto

Hasto menyebutkan Bung Karno pernah berkata perjuangan untuk bangsa dan negara tidak pernah sia-sia.

"Dengan ziarah ini sekaligus menjadi kultur untuk cinta tanah air dan berdedikasi terhadap tanah air sehingga perjuangan para pahlawan tidak sia-sia," kata Hasto.

Ketua DPP PDIP bidang Agama Hamka Haq didaulat Hasto untuk memimpin doa. Kemudian Hasto dan rombongan bergeser ke makam tokoh senior PDIP Taufiq Kiemas,Tjahjo Kumolo, Theo Syafei dan Sabam Sirait. Hasto meletakkan setangkai kembang di atas pusara Taufiq Kiemas yang juga mantan Ketua MPR dan diikuti rombongan. Hal yang sama dilakukan di makam yang dikunjungi.

Untuk diketahui, PDIP juga menggelar upacara bendera untuk perayaan HUT ke-77 RI di halaman Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Rabu (17/8/2022) pagi. Sebelum upacara, digelar kirab budaya menuju Sekolah Partai.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI