Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sanksi Segera Dicabut, Merah Putih Siap Berkibar Kembali pada Februari 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:42 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi Badan Anti-Doping Dunia, Raja Sapta Oktohari.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memastikan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) segera mencabut sanksi Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) pada awal Februari 2022 mendatang. Dengan begitu, bendera Merah Putih siap berkibar kembali di ajang olahraga internasional.

Diakui ada surat resmi WADA, yang ditandatangani Kepala Unit Kepatuhan (Head of the Compliance Unit) WADA Emiliano Simonelli, yang dikirimkan kepada LADI pada Jumat 14 Januari 2022.

“Berdasarkan surat resmi WADA terkait isu-isu, sanksi diberikan kepada Indonesia, mereka menyatakan bahwa per awal Februari sanksi ini akan dicabut. Surat tersebut berisi kabar baik adanya berita positif dan progresif dari kinerja tim yang terlibat agar LADI bisa mendapat status compliance terhadap WADA,” ungkap Oktohari, yang juga Ketua Gugus Tugas Pembebasan Sanksi, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Selasa (18/1/2022).

Pelepasan sanksi WADA terhadap LADI ini lebih cepat dari sanksi awal yang berlaku satu tahun sejak 7 Oktober 2021. Okto, sapaan akrab Raja Sapta, juga memastikan dengan surat yang dikirim WADA tersebut, maka bendera Merah Putih bisa kembali berkibar.

Menurutnya, kerja keras dan koordinasi atas semua pihak baik Kemenpora dan LADI akhirnya dapat memberikan kabar gembira. Pekan lalu, ia menerima pesan singkat dari Niggli yang selanjutnya dipertegas dengan surat yang dikirimkan oleh Head of the Compliance Unite WADA Emiliano Simonelli.

“Merah Putih bisa berkibar di awal Februari ini. Tapi sekali lagi apa yang disampaikan WADA bukan berarti membuat kita santai karena ketika kita berbicara sanksi, kita membicarakan pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan yakni membuat LADI profesional dan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ujar Okto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI