Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tips Mencegah Bermain HP Saat Mengemudi

Jumat, 25 September 2020 | 10:09 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS
Ilustrasi menyetir mobil

Jakarta, Beritasatu.com - Keselamatan berkendara merupakan nomor satu saat mengemudi. Sebab, kelalaian pengendara (human error) sering kali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Asuransi kendaraan bisa mengatasi risiko kerugian materi yang disebabkan kecelakaan lalu lintas. Namun, nyawa yang hilang akibat kecelakaan tentu tidak bisa tergantikan.

Salah satu kelalaian yang sering terjadi adalah menggunakan handphone saat mengemudi.

Di era modern, masyarakat cenderung kecanduan dengan gadget mereka. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk scroll media sosial atau bermain mobile game. Sementara itu, menyetir membutuhkan konsentrasi penuh. Berikut adalah tips untuk mencegah menggunakan handphone saat mengemudi.

Mematikan Handphone
Matikan handphone untuk menghindar panggilan masuk saat sedang mengemudi. Membalas chat baik itu dari teman atau rekan kerja bisa dilakukan setelah tiba di lokasi tujuan. Dengan mematikan handphone, pengemudi tidak akan tergiur untuk mengecek tweet terbaru di timeline, sehingga mampu menjaga konsentrasi sepanjang perjalanan.

Aktifkan Audio pada Aplikasi Navigasi
Selain mengecek media sosial, handphone sering digunakan untuk aplikasi navigasi. Jika handphone dimatikan, tentu pengemudi akan kesulitan mencari lokasi tujuan. Tak hanya untuk petunjuk jalan, aplikasi navigasi juga berguna untuk memberitahukan tingkat kemacetan di area sekitar.

Jika membutuhkan petunjuk jalan, aktifkan audio pada aplikasi navigasi. Narator akan memberitahukan kapan harus memutar balik serta estimasi waktu tiba di lokasi. Meski tidak perlu lepas tangan dari setir mobil, pengemudi juga tetap harus waspada dengan lingkungan sekitar.

Memanfaatkan Aplikasi Keselamatan Berkendara
Gunakan aplikasi keselamatan berkendara seperti tdrive untuk membangun kebiasaan mengemudi yang aman.

Tdrive diluncurkan oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance).

Aplikasi ini akan memberikan penilaian terhadap keterampilan mengemudi pengguna baik itu aspek kecepatan, akselerasi, menikung hingga penggunaan handphone. Untuk memotivasi pengguna agar aman berkendara, poin yang diraih dapat dikonversi menjadi tcoins yang bisa memberikan diskon saat pembelian bensin dan premi asuransi.

Tak hanya itu, tdrive juga terhubung dengan layanan t-rex atau Tugu Real Experience. Nasabah Tugu Insurance bisa memanggil truk derek dengan mudah jika terjadi kecelakaan. Tersedia pula layanan pelanggan layanan pelanggan 24 jam di Call TIA 1500-458 atau WhatsApp 08119790100.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI