SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Tips Penting Membeli Mobil Bekas, Perhatikan Hal-hal Ini

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:49 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD
Sejumlah mobil bekas yang dijual di dalam sebuah mall di Jakarta Selatan, Kamis, 15 Oktober 2020.

Jakarta, Beritasatu.com - Membeli mobil bekas menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki dana yang terbatas untuk membeli mobil baru. Mobil bekas menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Bagi Anda yang berencana melakukan untuk membeli mobil second, ada baiknya mengetahui beberapa tips penting agar tidak tertipu ketika membeli mobil bekas.

Membeli mobil bekas memang dapat memberikan keuntungan. Selain bisa langsung digunakan, harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang mahal.

Advertisement

Seperti diketahui membeli mobil bekas menjadi hal yang gampang-gampang sulit. Kalau Anda salah pilih, hasilnya mobil bekas yang didapatkan dengan kondisi jelek yang pada akhirnya akan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Banyak yang meyakini kalau membeli mobil bekas itu gampang rusak dan pada akhirnya akan menghabiskan banyak biaya buat pemeliharaan lebih boros. Padahal, belum tentu benar, asalkan Anda pintar memilih dan membelinya. Dikutip dari siaran pers Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, berikut berbagai tips membeli mobil bekas agar sesuai harapan.

Terdapat beberapa tips yang bisa diperhatikan saat Anda membeli mobil bekas agar sesuai harapan. Sebelum mendatangi showroom mobil bekas atau menghubungi penjual di internet, berikut adalah tips membeli mobil bekas yang perlu diketahui:

1. Beli sesuai bujet
Sebelum membeli mobil bekas, maka langkah paling pertama yang dilakukan adalah memilihnya sesuai bujet alias kemampuan kantong yang dimiliki. Selalu perhatikan kemampuan finansial Anda pada saat ini. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli mobil yang harganya di luar kemampuan keuangan Anda.

Hal ini karena, kendati Anda mampu membeli mobil bekas, biaya perawatan mobil tersebut perlu diperhatikan saat Anda sudah melakukan pembelian.

Pastinya jangan sampai keliru beli mobil bekas supaya Anda tidak merugi. Hal ini dapat terjadi karena mobil bekas yang Anda pilih memiliki mesin yang sudah buruk kondisinya. Ingat biaya servis turun mesin atau overhaul bakal menguras dalam-dalam kocek Anda

2. Jangan terbuai harga murah
Hati-hati dengan penawaran harga mobil bekas yang murah alias jauh dari harga pasaran. Anda harus melakukan pemeriksaan mobil secara teliti saat melakukan inpeksi kendaraan tersebut. Bila perlu bawa mekanik atau teman yang memahami kondisi mobil serta mampu melakukan penilaian kondisi mobil bekas incaran Anda.

Harga murah yang ditawarkan penjual bisa jadi karena mobil bekas tersebut pernah mengalami kecelakaan atau pernah terendam banjir. Harga miring yang ditawarkan adalah agar mobil bekas tersebut dapat terjual dengan cepat karena ada konsumen yang tergiur membeli mobil yang sebenarnya tidak layak untuk dijual.

3. Cek riwayat servis
Periksa riwayat servis dari mobil bekas yang tengah Anda incar. Melalui riwayat servis tersebut akan terlihat apakah mobil telah dirawat secara rutin oleh pemiliknya atau tidak.

Dalam dunia otomotif, riwayat servis berkala tersebut dikenal dengan nama service record, apabila mobil bekas yang jadi incaran secara rutin menjalani servis dapat dipastikan mobil bekas itu layak untuk dibeli.

Perlu jadi perhatian adalah mobil bekas yang secara rutin diservis di bengkel resmi. Mobil ini layak mendapatkan prioritas Anda karena selain kondisi mobil yang lebih terjamin, spare parts atau suku cadang asli yang digunakan mobil bekas tersebut.

Tips lain apabila Anda mencari mobil bekas yang terjamin servisnya, mobil bekas taksi bisa menjadi pertimbangan. Hal ini terjadi karena mobil bekas taksi selalu dicek kondisinya setiap hari oleh perusahaan.

4. Dokumen lengkap
Hal lain yang tidak kalah penting dalam membeli mobil bekas adalah, memeriksa kelengkapan dokumen mobil. Pastikan surat-surat mobil bekas tersebut telah sesuai dengan nomor rangka, nomor mesin yang ada. Cocokkan nomor-nomor tersebut dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Tentunya pastikan STNK tidak dalam kondisi mati, karena Anda harus mengeluarkan biaya tambahan apabila STNK mobil bekas dalam kondisi kedaluwarsa selain biaya untuk balik nama tentunya.

5. Cek bodi mobil
Hal penting lain saat membeli mobil bekas adalah memeriksa bodi mobil. Pemeriksaan bodi ini meliputi beberapa bagian utama mobil seperti panel pintu, kap mesin, kaca mobil, dan cat mobil.

Jika mobil memiliki bodi asli, struktur rangka utama dan cat mobil tidak terjadi perubahan yang berarti, sedangkan jika pernah mengalami perombakan maka akan terlihat adanya perubahan warna cat dan beberapa bagian yang tidak sama. Pastikan juga chasis mobil bekas tersebut dalam keadaan yang baik, dan tidak berkarat.

6. Cek kondisi mesin
Jangan lupakan hal penting saat membeli mobil bekas yaitu pemeriksaan mesin secara menyeluruh. Hal ini wajib dilakukan karena mesin merupakan komponen vital dari mobil yang bakal memakan biaya besar apabila mobil bekas yang Anda beli dalam kondisi buruk.

Buka kap mesin mobil dan menyalakan mobil yang akan dibeli, perhatikan semua komponen mobil dan suara mesin. Jika ada suara yang mencurigakan atau terdapat komponen yang bergetar tidak pada mestinya, maka akan menimbulkan suara lain saat mobil dinyalakan.

Periksa secara menyeluruh, apakah terjadi kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu lakukanlah test drive. Uji kendara ini perlu dilakukan guna mengetahui apakah mobil bekas itu layak untuk digunakan. Dari test drive ini dapat diketahui bagaimana respons mobil saat berakselarasi, berbelok berada dalam kondisi macet, di tanjakan dan lain sebagainya.

Test drive ini juga membuat Anda mengetahui kondisi transmisi, rem atau kaki-kaki mobil bekas saat dikendarai. Apakah masih layak untuk digunakan atau tidak.

7. Lakukan pemeriksaan bersama mekanik
Tips penting lain saat membeli mobil bekas adalah meminta bantuan dari montir atau mekanik saat melihat mobil bekas incaran. Tips ini menjadi penting apabila Anda awam dengan kondisi mobil secara keseluruhan. Mekanik yang berpengalaman tentu mengetahui seluk beluk kondisi suatu mobil bekas.

Mekanik atau montir dapat mengetahui kondisi mesin atau bodi mobil bekas saat inpeksi kendaraan. Anda dapat meminta pendapatnya selaku ahli mobil apakah mobil bekas yang menjadi incaran masih layak untuk dibeli atau tidak.

8. Cek interior dan aksesori
Saat Anda melakukan inspeksi mobil bekas salah satu hal yang perlu dicek adalah kondisi interior serta aksesori mobil tersebut. Pengecekan aksesori atau interior dilakukan dengan memeriksa kondisi dashboard,kulit jok, karpet alas kaki, sistem audio, hingga lampu kabin.

Pastikan semua hal tersebut berfungsi dengan baik termasuk pendingin udara atau AC yang masih berfungsi dengan baik dan tidak berbau, serta perhatikan juga berbagai fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, rem tangan, hingga lampu hazard.

Dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada segmen interior dan aksesoris, maka bisa mengetahui apakah mobil tersebut bekas banjir atau tidak, sebab biasanya mobil yang bekas banjir memiliki bekas kotoran-kotoran yang mengendap dan berkerak pada bagian yang sulit dibersihkan.

Berbagai tips tersebut diharapkan Anda dapat membeli mobil bekas incaran yang layak dipakai dan tentunya sesuai dengan bujet yang dimiliki.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI