Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Sepakat Dengan Mahfud MD, Qodari: 2022 Cenderung Stabil dan Tenang

Minggu, 2 Januari 2022 | 17:20 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FFS
Muhammad Qodari.

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari sepakat dengan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang memprediksi situasi politik Indonesia pada 2022 akan lebih tenang, stabil, dan terkendali.

Menurut Qodari, politik Indonesia tetap tenang, walaupun kemungkinan pertengahan 2022 sudah ada tahapan pemilu. Hal ini lantaran tahapan pemilu pada 2022 berus bersifat administratif.

“Kan sifatnya administratif belum pertarungan,” kata Qodari, Minggu (2/1/2022).

Qodari juga melihat Presiden Jokowi sangat mampu menjaga kohesivitas koalisi, walaupun berhadapan dengan dinamika serta konstelasi yang berbeda-beda. Ada berbagai macam kelompok partai yang memiliki sikap berbeda. Misalnya mengenai UU Pemilu atau kemudian UU Ciptaker. Namun dinamika dan konstelasi yang terjadi sejauh ini relatif dikelola dengan baik.

“Termasuk juga soal potensi reshuffle kabinet yang menurut saya bisa terjadi. Tinggal menunggu momentumnya nanti tanggal berapa,” kata Qodari.

Mengenai potensi goncangan politik, justru bisa datang dari masyarakat sendiri. Itu pun jika terjadi krisis ekonomi besar seperti krisis 1998.

“Tapi sampai saat kini, walau ada pandemi kan dan ekonomi terpengaruh kita lihat relatif aman. Tidak terjadi kelaparan atau kelangkaan barang yang sangat ekstrem. Bahkan tren-tren terakhir tingkat kepuasan masyarakat sangat tinggi karena kasus Covid-19 tertangani dengan baik,” ulasnya.

Menurut Qodari, menangani varian baru Covid-19, Omicron akan menjadi tantangan pemerintah pada 2022. Qodari berharap kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan signifikan yang mengganggu pertumbuhan ekonomi.

“Jadi itu tantangan terbesar Presiden, jelas penanganan Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi. Dan ini dua hal berkaitan dengan yang lain,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI