Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Begini Usul DPR Setelah Jakarta Tidak Lagi Jadi Ibu Kota Negara

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:48 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Ilustrasi Jakarta.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengusulkan Jakarta menjadi kota bisnis setelah tidak lagi menjadi ibu kota negara. Menurut Doli, hal ini berkaca dari negara-negara yang sudah melakukan pemindahan ibu kota seperti Amerika Serikat.

“Kalau belajar dari negara lain misal Amerika Serikat, (pindah ibu kota negara) dari New York ke Washington DC. New York kemudian berkembang menjadi kota bisnis, ya (Jakarta) bisa jadi begitu,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2022).

Selain itu, kata Doli, bisa juga Jakarta menjadi kota pendidikan seperti Melbourne yang penah menjadi Ibu Kota Australia. Setelah ibu kota pindah ke Canberra, tutur dia, Melbourne berkembang menjadi kota pendidikan.

“Kita nggak tahu Jakarta (nanti seperti apa), tetapi yang penting saat kita bicarakan undang-undang baru tentang Jakarta, itu harus dibicarakan pengkhususannya apa. Ketika UU IKN ini disahkan kita harus merevisi UU tentang Jakarta,” jelas Doli.

Menurut Doli, Jakarta tetap harus mempunyai kekhususan karena mempunyai kontribusi besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Apalagi, kata dia, Jakarta yang sudah berumur 400 tahun lebih telah memiliki fasilitas yang mapan dengan sejarah yang luar biasa.

“Jakarta sudah terlanjur menjadi kota yang mempunyai kontribusi luar biasa bagi bangsa dan negara kita, 400 sekian tahun infrastruktur cukup mapan, fasilitas cukup, saya kira harus tetap menjadi daerah khusus dan dia punya sejarah,” kata Doli.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI