Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Alasan KPU Pilih 14 Februari Sebagai Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024

Senin, 24 Januari 2022 | 20:32 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Ilustrasi KPU

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua KPU Ilham Saputra mengungkap alasan pihaknya memilih tanggal 14 Februari sebagai waktu pemungutan suara Pemilu 2024. Ilham menegaskan usulan tersebut tidak muncul tiba-tiba, tetapi sudah disampaikan KPU dalam sejumlah pertemuan dengan pemerintah, DPR, Bawaslu dan DKPP.

“14 februari kan usulan KPU dari awal, makanya KPU ketika konsinyering beberapa kali seperti disampaikan, itu sudah mengusulkan tanggal 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret,” ujar Ilham di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Menurut Ilham, KPU selalu menetapkan hari pemungutan suara pemilu pada hari Rabu. Pertimbangannya agar masyarakat pemilih benar-benar memanfaatkan waktu tersebut untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Pasalnya, pemungutan suara merupakan hari libur nasional.

Apabila diselenggarakan pada akhir pekan maupun Senin atau Selasa, ada kecenderungan masyarakat pemilih enggan mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih. Masyarakat berpotensi menggunakannya untuk menambah libur.

Dengan pemungutan suara 14 Februari 2024, Ilham mengatakan rekapitulasi dilakukan sebelum bulan Ramadan. Hal ini, kata Ilham, sudah dikaji oleh KPU berkaca pada Pemilu 2019.

“Nah, kemudian kami mengkaji kembali sepertinya untuk persiapan, apalagi ini menjelang Ramadan. Jadi, kalau bisa kemudian rekapitulasi itu bisa dilakukan sebelum Ramadan, karena pengalaman di 2019 kita lakukan rekapitulasi di tingkat provinsi kabupaten/kota di masa Ramadan,” kata Ilham.

Diketahui DPR, pemerintah, penyelenggara dan pengawas pemilu menyepakati tanggal pemungutan suara Pemilu Legislatif (pileg) serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024. Demikian halnya jadwal Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2024.

Pileg dan Pilpres diputuskan untuk digelar pada 14 Februari 2024, sedangkan Pilkada Serentak dilaksanakan pada 27 November 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI