Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Masa Kampanye Pemilu 2024 Dapat Dipersingkat Jadi 90 Hari

Senin, 24 Januari 2022 | 20:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR
Ilustrasi kampanye.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan masa kampanye Pemilu 2024 dapat dipersingkat menjadi 90 hari atau 3 bulan. Hal ini, kata Ilham, tergantung kesiapan pemerintah dalam menyediakan logistik pemilu.

“Kalau 90 hari memungkinkan itu tergantung bagaimana pemerintah mengeluarkan perpres atau peraturan agar kemudian dalam proses pengadaan logistik dipercepat,” ujar Ilham di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Ilham mengatakan masa kampanye sangat terkait dengan logistik pemilu. Makin cepat pengadaan logistik pemilu, maka waktu kampanye juga akan disesuaikan untuk dipersingkat.

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR, Senin (24/1/2022), KPU mengusulkan masa kampanye selama 120 hari atau 4 bulan, dari 14 Oktober 2023 hingga 10 Februari 2024. Lamanya masa kampanye ini, kata Ilham, berdasarkan hasil simulasi jadwal dan tahapan pemilu yang dilakukan KPU.

Akan tetapi, Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tito Karnavian menolak usulan tersebut. Menurut Tito, masa kampanye empat bulan tersebut terlalu lama. Pemerintah, kata Tito, mengusulkan agar masa kampanye selama 90 hari atau tiga bulan saja.

Para anggota Komisi II cenderung mendorong agar masa kampanye dipersingkat agar lebih efisien, cegah terjadi polarisasi dan mengantisipasi situasi pandemi yang belum jelas berakhirnya. Masa kampanye ini akan diputuskan lagi oleh DPR, KPU dan pemerintah setelah melakukan simulasi tahapan dan jadwal Pemilu 2024.

Ilham mengatakan akan segera melakukan simulasi-simulasi tahapan dan jadwal Pemilu 2024. Ilham mengakui KPU sudah menyiapkan rancangan tahapan dan jadwal Pemilu 2024, tetapi harus dibicarakan lagi dengan pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu yang lain.

“Justru itu tadi, kesepakatan tentang hasil rapat adalah lakukan simulasi terlebih dahulu. Jadi, harus ada pertemuan pemerintah dengan DPR dan juga penyelenggara pemilu untuk memastikan hal tersebut (tahapan dan jadwal pemilu),” ujar Ilham.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI