Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Majukan Prestasi Olahraga dengan Pendekatan Industri

Selasa, 8 Maret 2022 | 20:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAR
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Suharso Monoarfa.

Tangerang, Beritasatu.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Suharso Monoarfa mendorong Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk mengembangkan dan memajukan prestasi olahraga dengan pendekatan industri. Tujuannya agar olahraga dapat menjadi salah satu pilihan karier.

“Jika kita ingin olahraga maju, kita harus melakukan pendekatan secara industri. Cara-cara konvensional harus ditinggalkan. Lihat saja sepakbola di Eropa dan bola basket di Amerika. Hal itu mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Suharso saat membuka Rapat Anggota KOI Tahun 2022 di Gading Serpong, Tangerang, Selasa (8/3/2022).

Pada Rapat Anggota kali ini mengusung tema “Bersama Bangkitkan Olahraga Indonesia”. “Kita sebagai negara yang besar, masih melakukan cara-cara kovensional. Saat Asian Games sukses, kita bertepuk tangan, tetapi setelahnya apa? PON kita buka dengan tepuk tangan, setelah itu apa?,” ujarnya.

Suharso juga mengapresiasi kinerja Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari sebagai ketua Tim Percepatan Pelepasan Sanksi WADA. KOI berhasil menyelesaikan tugas dan membebaskan Indonesia dari sanksi WADA dalam waktu 3,5 bulan.

Sementara itu, Okto mengajak seluruh federasi olahraga nasional anggota KOI untuk bergandengan tangan dan melepaskan ego sektoral untuk membangkitkan olahraga Indonesia.

“Rapat Anggota 2022 mengusung tema ‘Bersama Bangkitkan Olahraga Indonesia’. Kata ‘bersama’ perlu saya garis bawahi. Sebab, olahraga kita akan sulit bangkit jika kita bekerja sendiri-sendiri. Kita perlu membuka pikiran dan hati agar bisa lebih solid ke depannya,” ujar Okto.

Lebih jauh lagi, Okto menegaskan komitmen KOI untuk bekerja demi kepentingan para anggota dan atlet dalam meningkatkan prestasi, serta membuat Indonesia lebih berkibar di pentas internasional.

“Komite Olimpiade Indonesia bekerja ekstra keras berjuang agar nama Indonesia lebih tersohor dan dikenal lagi di dunia olahraga Internasional. Kami memperkuat intensitas komunikasi, ke sektor internasional IOC, ANOC, OCA, SEAGF, termasuk berdiplomasi untuk membuka pintu komunikasi ke International Federation dan NOC negara lain untuk membuka peluang kerja sama,” kata Okto.

“Saya bersama NOC Indonesia tidak akan berhenti untuk memperjuangkan menempatkan kualitas terbaik Indonesia di organisasi internasional, baik itu Asian Federation dan International Federation seperti yang kita lakukan di beberapa cabor. Saya juga akan berjuang membawa event-event besar tingkat dunia, baik multievent dan single event, seperti world cup dan world championship ke Indonesia,” ucapnya.

Rapat anggota berlangsung secara hybrid dan diikuti oleh 64 anggota biasa dan satu anggota luar biasa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI