Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

FP I GP Spanyol, Duo Pembalap Tim Ferrari Tercepat

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:00 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Pembalap Ferrari, Charles Leclerc di sesi I latihan bebas GP Spanyol.

Barcelona, Beritasatu.com – Duo pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr menjadi yang tercepat di lintasan Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada sesi latihan bebas I (FP I) balapan Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Spanyol, Jumat (20/5/2022).

Leclerc yang memimpin di klasemen sementara pembalap, lebih kencang sepersepuluh detik dari rekan setimnya di Ferrari, pembalap tuan rumah Spanyol, Sainz.

Posisi ketiga tercepat diraih pembalap tim Red Bull, Max Verstappen.

Latihan bebas pertama berlangsung dengan suhu udara di bawah 30 derajat celsius. Sesi ini juga memunculkan sejumlah nama pembalap baru yang berkesempatan menjajal mobil F1. Mereka adalah juara Formula E Nyck de Vries yang menggantikan sementara posisi Alex Albon di tim Williams, kemudian ada pembalap Formula 2 (F2) Juri Vips menggantikan kursi Sergio Perez di Red Bull, dan Robert Kubica menggantikan Zhou Guanyu di Alfa Romeo.

Balapan GP Spanyol menandai kembalinya balapan F1 ke Eropa, dengan tim-tim membawa peningkatan pada pacuan mereka di Spanyol. Hal ini membuat banyak aktivitas terjadi di lintasan sejak lampu di ujung pit menjadi hijau.

Dengan suhu lintasan yang hangat, sebagian besar pembalap menggunakan ban keras (hard) C1, yang paling sulit di kisaran lima ban Pirelli. Max Verstappen menempatkan Red Bull-nya tercepat di awal sesi latihan.

Nyaris terjadi kontak antara Lewis Hamilton dengan Fernando Alonso ]menjelang tikungan 13 saat Mercedes melewati Alpine, yang berada di dalam putaran. Hamilton harus menghindar hingga ke area gravel supaya tak terjadi kontak dengan Alonso.

Pengawas lomba mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut setelah sesi.

Sementara rekan satu tim Hamilton di Mercedes, George Russell, juga mengalami masalah lalu lintas di sektor terakhir, ia melewati Juri Vips melalui wilayah kanan panjang di tikungan 12 dengan Russell terdengar kesal pada pembalap penganti Red Bull melalui radio tim.

Di paruh kedua sesi latihan pertama, tim memilih untuk mulai menggunakan ban lunak (soft). Ferrari menggunakan ban ini dan menjadi lebih kencang, dengan Leclerc mencatat waktu tercepat 1 menit,19,828 detik. Sainz hanya di bawah delapan perseratus di belakang rekan setimnya. Lap terbaik Verstappen dengan ban lunak lebih dari tiga persepuluh lebih lambat dari saingannya di posisi ketiga.

Russell meraih waktu tercepat keempat tertinggal empat persepuluh detik dari Verstappen. Alonso meraih posisi kelima, dan Hamilton keenam.

Lando Norris (McLaren), Pierre Gasly (Alpha Tauri) , Daniel Ricciardo (McLaren) dan Yuki Tsunoda (Alpha Tauri) mengunci posisi 10 besar.

Kubica mengakhiri sesi latihannya di posisi 13 lebih baik dari Valtteri Bottas di posisi 17. Nyck de Vries di 18 lebih baik dengan pembalap satu tim di Williams Nicholas Latifi di 19. Sedangkan Vips di posisi 20.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI