Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Raih Emas, Timnas Basket Putra Cetak Sejarah di SEA Games 2021

Minggu, 22 Mei 2022 | 17:32 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH
Timnas Basket Indonesia.

Hanoi, Beritasatu.com - Sejarah dicetak Timnas basket putra Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam dengan pertama kali meraih emas.

Skuad Merah Putih di bawah kepelatihan Mlios Pejic sukses menaklukkan raja Asia Tenggara, Filipina di babak final dengan skor ketat 85-81 di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022).

Kemenangan ini menyempurnakan torehan apik Timnas Basket yang tidak terkalahkan dalam lima pertandingan SEA Games 2021.

Meraih emas pertama SEA Games dengan menaklukkan raja Asia Tenggara Filipina jelas menjadi torehan bersejarah. Kemenangan ini sekaligus mengakhiri kutukan basket Indonesia yang belum pernah meraih emas du pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

Pertandingan final berlangsung ketat dan menegangkan. Indonesia mampu menutup quarter pertama dengan keunggulan 36-32. Pada kuarter ketiga, Indonesia sempat tertinggal 56-60. Akan tetapi, mereka berhasil membalikkan keadaan.

Tembakan Marques Bolden pada 10 detik terakhir kuarter tiga membuat Indonesia berbalik unggul 63-60. Pada kuarter terakhir, permainan semakin menegangkan.

Filipina sempat mengancam ketika hanya terpaut dua angka saja 83-81 saat pertandingan tersisa beberapa detik saja. Namun, Bolden dengan cerdik menahan bola sehingga memancing lawan melakukan pelanggaran.

Putri Perak
Suskes tim putra melengkapi keberhasilan Tim basket putri yang sebelumnya meraih medali perak setelah mengumpulkan empat kemenangan dari total enam peserta dalam sistem pertandingan round robin di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu.

Tim Indonesia ini pada laga pertama langsung berhadapan dengan Filipina, yang menjadi juara pada ajang ini. Indonesia harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 77-93.

Kemudian, laga berikutnya, Sutjiono Henny dkk. mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 93-80, lalu Malaysia 70-52 dan Thailand 76-64.

Lalu, pada laga terakhir, Minggu, yang turut disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, tim basket putri ini mampu menyempurnakan kemenangannya dengan mengalahkan Singapura pada pertandingan terakhir dengan skor 87-53.

Manajer Tim Basket Putri Chirstopher Tanuwidjaja mengatakan kekuatan dari enam negara kontestan bola basket di SEA Games kali ini terbilang merata.

Ia pun tak menyangkal bahwa sejatinya Indonesia dapat meraih medali emas.

“Kita memang kalah dari Filipina di awal, tapi kita bisa menang jauh dari Malaysia dan buktinya Malaysia bisa menang atas Filipina,” kata dia.




Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI