SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Catatan Penting Menpora soal Capaian Medali SEA Games

Senin, 13 Juni 2022 | 15:32 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus kepada atlet peraih medali SEA Games Vietnam di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkap catatan penting soal perolehan medali kontingen Indonesia pada SEA Games di Vietnam, 12-23 Mei 2022. Menurut Zainudin, capaian medali tersebut dapat dijadikan penentu parameter untuk pengiriman atlet Indonesia dalam ajang olahraga lain.

“SEA Games ke-31 di Vietnam telah menorehkan catatan penting yang bisa kita jadikan dasar penentuan kebijakan olahraga prestasi nasional, khususnya dalam penentuan parameter pengiriman kontingen dalam keikutsertaan Indonesia dalam multi event SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” kata Zainuddin dalam acara penyerahan bonus dari Presiden Joko Widodo kepada atlet di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Advertisement

Zainudin mengatakan pihaknya telah mengubah paradigma pengiriman kontingen Merah Putih untuk pengiriman atlet di SEA Games Vietnam. Sebelumnya, pengiriman lebih berorientasi kepada kuantitas, yaitu dengan berusaha mengirim jumlah atlet sebanyak mungkin dan berambisi mengikuti semua cabang olahraga dan nomor pertandingan yang dipertandingkan.

Kini, menurutnya, pihaknya berorientasi pada kualitas. Hanya atlet-atlet yang benar-benar diprediksikan dapat menyumbangkan medali yang dikirimkan bertanding di event tersebut. Kemudian, atlet juga dipersiapkan untuk bisa mengikuti jenjang multi event tingkatan lebih tinggi dan kompetitif seperti Asian Games dan Olimpiade.

“Kita mulai menerapkan implementasi desain olahraga nasional sekaligus ini sebagai jawaban terhadap arahan Bapak Presiden kepada kami dan seluruh pemangku kepentingan di sektor olahraga untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional,” ujar Zainuddin Amali.

Ada lima catatan yang bisa dijadikan untuk keberhasilan. Pertama, atlet yang diberangkatkan hanya 499 orang. Jumlah atlet berkurang sekitar 40,67 persen apabila dibandingkan dengan keikutsertaan SEA Games sebelumnya, yaitu sebanyak 841 orang.

Kedua, perolehan medali meningkat 20,56 persen, yaitu menjadi 80,96 persen apabila dibandingkan dengan SEA Games ke-30 di Filipina yang mendapatkan medali hanya 60,40 persen.

Ketiga, Zainudin melihat persentase atlet yang tidak mendapatkan medali menurun, yakni 17,4 persen apabila dibandingkan dengan SEA Games ke-30, yakni sebesar 39,60 persen. Berarti terdapat perbaikan sekitar 22,56 persen.

Keempat, terjadi perbaikan peringkat dari peringkat keempat pada SEA Games ke-30 naik ke peringkat ketiga pada SEA Games Vietnam. Kelima, perolehan medali berjumlah 241 terdiri dari emas 69 medali, perak 92 medali, dan perunggu 80 medali.

“Berdasarkan catatan tersebut di atas, maka kita akan konsisten untuk menerapkan cara penyeleksian sebagaimana yang telah dilakukan pada SEA Games ke-31 ini berdasarkan panduan desain besar olahraga nasional atau DBON yang dipayungi oleh Perpres Nomor 86 Tahun 2021 yakni berdasarkan rekomendasi dari tim review,” tegas Zainudin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI