SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Wah! Velocity Siap Gelar Rangkaian Kegiatan Balap Sepeda

Kamis, 16 Juni 2022 | 13:19 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP
Konferensi pers rangkaian perlombaan sepeda bertajuk "Velocity Criterium" yang merupakan gabungan jenis balapan yang lazim disebut criterium maupun road race di Senayan Park (Spark), Jakarta, Kamis 16 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Velocity, media digital yang fokus pada aktivitas olahraga sepeda, siap menggelar rangkaian perlombaan sepeda bertajuk Velocity Criterium yang dimulai jelang akhir Juni 2022. Bertajuk "Velocity Criterium", ajang lomba ini gabungan dari jenis balapan yang lazim disebut criterium maupun road race.

Perlombaan tersebut akan digelar di berbagai kota sebagai rangkaian event tahunan. Sampai pertengahan 2023, direncanakan ada enam rangkaian event balapan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Flores yakni ajang road race Tour de Flores.

Advertisement

“Velocity Criterium kami agendakan sebagai event sport tourism, yang diharapkan ke depan bisa digelar di 10 kota dalam setahun. Ini merupakan lomba balap sepeda dengan tujuan mendorong budaya bersepeda, salah satu jenis olahraga ramah lingkungan yang diharapkan jadi ajang promosi potensi pariwisata Indonesia,” ujar Vice Chairman Velocity, Anthony Wonsono di Senayan Park (Spark) Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Event perdana Velocity Criterium akan diselenggarakan pada Minggu 26 Juni 2022 bertempat di Meikarta Central Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Perlombaan ini terbagi dalam enam kategori balapan, masing-masing diikuti 50 peserta. Setiap kategori punya jarak tempuh berbeda, dengan kisaran 11,5 km sampai dengan 23 km.

Kategorinya adalah Men Elite (atlet, 23 km), Women Open (non atlet, 14 km), Men Open (23 km), Men Master A (30-39 tahun, 23 km), Men Master B (40-49 tahun, 18 km) dan Men Master C. (diatas 50 tahun, 14 km).

“Peserta diberi kesempatan untuk mengikuti lomba gabungan antara kategori atlet maupun non-atlet. Medali pemenang akan diberikan kepada tiga pembalap tercepat dari setiap kategori yang dilombakan,” ujar Event Director Velocity, David Batubara.

Rangkaian perlombaan yang digagas Velocity telah didaftarkan secara resmi ke Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Dengan demikian, rangkaian perlombaan Velocity menjadi bagian dari agenda kegiatan resmi PB ISSI.

“Kami di federasi secara administrasi telah menerima surat resmi dari Velocity terkait agenda perlombaan Velocity Criterium yang direncanakan mencapai puncaknya pada event road race Tour de Flores, pada pertengahan 2023. Kami mendukung penuh inisiatif ini untuk kemajuan olahraga sepeda di Indonesia,” ujar Wakil Sekjen PB ISSI, Sondi Sampurno, yang juga Race Director Velocity Criterium.

Vice Chairman Velocity, Anthony Wonsono menambahkan, rangkaian perlombaan sepeda ini diarahkan menjadi event sport tourism. Itu sebabnya, saat ini sedang ada upaya komunikasi dengan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Kemenparekraf). Dengan demikian, agenda balap sepeda yang sudah direncanakan di berbagai kota, termasuk Tour de Flores, bisa memberi kontribusi pada kemajuan industri pariwisata nasional.

Velocity Criterium yang merupakan ajang seri balap sepeda terbesar di Indonesia didukung penuh oleh Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI). Velocity juga bekerja sama dengan beberapa komunitas dan pesepeda profesional. Velocity akan dipromosikan oleh KOL yang sangat berpengaruh pada setiap segmen dan kelasnya. Tidak hanya itu, Criterium ini juga akan dihadiri oleh para publik figur seperti artis dan pejabat, untuk kemudian turut berpartisipasi dalam event.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI