SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Marcus/Kevin Absen, Ini Andalan Indonesia di Malaysia Open

Jumat, 24 Juni 2022 | 15:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto merayakan kemenangan dalam pertandingan Final Ganda Putra Daihatsu Indonesia Masters 2022 usai melawan Liang Wei Keng dan Wang Chang di Jakarta Minggu 12 Juni 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Ganda andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Marcus/Kevin), bakal absen pada turnamen Malaysia Open, 28 Juni-3 Juni mendatang di Kuala Lumpur. Namun pasukan Merah-Putih masih memiliki andalan lain.

Indonesia masih punya ganda putra lain yang akan beraksi di Malaysia Open. Mereka adalah juara Indonesia Masters 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga kampiun All England, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Advertisement

Dengan absennya Marcus/Kevin, Indonesia akan menurunkan lima ganda putra pada Malaysia Open kali ini. Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga semestinya tampil namun absen karena Yeremia tak mungkin tampil akibat cedera.

Dalam hasil undian semula, Pramudya/Yeremia langsung bertemu Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dalam putaran pertama Malaysia Open ini.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin diprediksi akan menjalani pertandingan yang berat pada partai awal Malaysia Open 2023 karena akan menghadapi juara Indonesia Open 2022, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Leo/Daniel yang sebenarnya memiliki peringkat dunia lebih baik ini (23) pernah bertemu sekali melawan peringkat 75 dunia ini. Dalam laga di Korea Masters 2022, Leo/Daniel kalah 21-13, 19-21, 20-22.

Unggulan keenam, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ditantang peringkat 78 dunia, Goh V Shem/Low Juan Shen dari Malaysia. Kedua ganda ini pernah sekali berjumpa yakni di Indonesia Masters 2022. Saat itu Fajar/Rian menang 21-14 dan 21-17.

Sedangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang merupakan unggulan ketiga akan ditantang peringkat 136 dunia, Ren Xiang Yu/Tan Qiang dari Tiongkok. Kedua ganda ini pernah sekali bertemu yakni di Kejuaraan Asia pada April 2022 lalu. Saat itu pertandingan dimenangkan Ren/Tan, 21-9 dan 21-15.

Di nomor tunggal putra, andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie akan bertemu wakil India pada Malaysia Open 2022.

Pada babak pertama kejuaraan berlevel BWF World Tour Super 750 tersebut, Ginting yang merupakan unggulan keenam akan ditantang Sai Praneeth B. Sementara Jonatan Christie alias Jojo bakal bertemu Sameer Verma.

Pada babak 32 besar Malaysia Open ini, wakil lainnya di tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito, akan menantang Rasmus Gemke dari Denmark. Sedangkan Tommy Sugiarto akan menantang pebulutangkis Jepang Kenta, Nishimoto.

Ginting cukup sering bertemu Sai Praneeth. Keduanya tercatat sudah 7 kali bertemu, empat di antaranya Ginting mampu menaklukkan peringkat 19 dunia itu. Terakhir kali keduanya bertemu di Kejuaraan Beregu Asia. Saat itu Ginting menang karena lawannya cedera dan tak mampu melanjutkan pertandingan pada set kedua. Pada gim pertama, Ginting menang 21-6.

Namun Sai Praneeth juga pernah mengalahkan Ginting di Kejuaraan Dunia 2019. Ketika itu, pemain berusia 29 tersebut menang 21-19, 21-13.

Pada Malaysia Open kali ini, Jojo berarti akan bertemu untuk keempat kalinya melawan Sameer Verma. Dalam tiga pertemuan sebelumnya, untuk sementara Sameer unggul 2-1. Pertemuan terakhir mereka terjadi di French Open atau Prancis Terbuka 2018, ketika Jojo menang 16-21, 21-17, 21-15.

Sebelum Malaysia Open 2022, Shesar telah dua kali bertemu dengan Gemke dan selalu kalah. Pertemuan terakhir keduanya terjadi Indonesia Open 2021 ketika Shesar tak mampu melanjutkan pertandingan karena cedera. Saat menyerah, Shesar sudah tertinggal 21-21 di gim pertama.

Tommy Sugiarto, peringkat 33 dunia, telah dua kali bertemu Kenta Nishimoto. Sebelum jumpa di Malaysia Open tahun ini, keduanya pernah saling mengalahkan. Dalam pertemuan terakhir keduanya di Kejuaraan Asia 2017, Tommy menyerah 14-21, 9-21.

Di nomor tunggal putri Malaysia Open ini, Gregoria Mariska Tunjung langsung bertemu lawan tangguh yakni peringkat 1 dunia Akane Yamaguchi. Keduanya pernah sembilan kali dan delapan di antaranya dimenangkan Yamaguchi.

Wakil lainnya pada tunggal putri Indonesia pada Malaysia Open 2022 yakni Fitriani bakal bertemu Phittayaporn Chaiwan. Fitriani yang berperingkat 47 dunia belum pernah bertemu pebulutangkis yang menempati urutan 21 dunia tersebut.

Di nomor ganda putri Malaysia Open ini, andalan Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan bertemu wakil Korea Baek Ha Na/Lee Yu Lim. Apriyani/Fadia yang kini menempati posisi 210 dunia belum pernah bertemu pasangan peringkat 42 itu.

Sementara ganda putri lainnya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan menantang unggulan ketiga, Kim So Yeong/Kong Hee Yong dari Korea Selatan pada babak 32 besar Malaysia Open. Sedangkan Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto menantang ganda Malaysia, Vivian Hoo/Lim Chiew Sien.

Pada nomor ganda campuran di Malaysia Open ini, pasangan Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan berjumpa Chan Peng Soon/Cheah Yee See dari Malaysia. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menantang Chang Tak Ching/Ng Wing Yung dari Hong Kong. Kdua pasangan pernah sekali bertemu yakni di Indonesia Open 2021 dan dimenangkan Chang/Ng.

Sementara unggulan kelima, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti akan bertemu pasangan Denmark, Mikkel Mikkelsen
Rikke Soby. Kedua ganda pernah bertemu sekali di Denmark Open 2021 dan dimenangkan Praveen/Melati, 21-15, 21-14.

Wakil Indonesia di Malaysia Open 2022:

Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, Shesar Hiren Rhustavito

Ganda putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani

Ganda putri: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto

Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BWF


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

TERKINI