SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Kontingen Indonesia Incar 105 Emas di ASEAN Para Games

Rabu, 29 Juni 2022 | 06:58 WIB
Oleh : JAS
Atlet Indonesia berlatih sebagai persiapan menghadapi ASEAN Para Games di Solo, 30 Juli-6 Agustus 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Kontingen Indonesia mengincar 105 medali emas demi mencapai target juara umum ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Solo, 30 Juli sampai 6 Agustus.

Namun, Ketua Umum Komite Paralimpik Nasional (NPC) Indonesia Senny Marbun mengatakan ambisi Indonesia untuk mencapai target tersebut akan mendapat tantangan dari Thailand yang diperkirakan bisa menjadi lawan terberat.

Advertisement

Adapun harapan kontingen Merah-Putih untuk mendulang kepingan emas berasal dari beberapa cabang olahraga, antara lain para-atletik, para-renang, para-tenis meja, para-bulu tangkis, dan para-catur.

“Dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan, kami bisa mendapat medali sekitar 105 emas. Thailand bisa menjadi lawan paling sulit dan mungkin mereka bisa meraih 95 atau 96 emas,” kata Senny di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

"Harapan kami bisa jadi juara umum di ASEAN Para Games," kata dia menambahkan.

Menurut Senny, Thailand akan mengirimkan 312 atlet, sedangkan Indonesia hanya 210 atlet. Namun untuk menjaga asa menjadi juara umum, NPC Indonesia akhirnya memutuskan untuk menambah 111 atlet tambahan dengan pelatnas mandiri.

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara dengan kontingen terbanyak dengan 321 atlet, disusul Thailand (312), Filipina (144), Vietnam (126), Kamboja (113), Malaysia (89), Myanmar (69), Singapura (44), Laos (37), Brunei Darussalam dan Timor Leste masing-masing 15 atlet.

Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2022 akan dipimpin oleh Chef de Mission, Andi Herman, pria yang juga pernah mendampingi atlet Merah Putih selama Paralimpiade Tokyo 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Kota Solo sudah siap untuk menyelenggarakan ASEAN Para Games XI 2022. Hal itu diungkapkan Menpora saat keterangan pers seusai Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Rakor yang juga dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, instansi terkait seperti TNI/Polri, NPC Indonesia, Pemprov Jateng, membahas kesiapan Solo menjadi tuan pesta akbar olahraga difabel di Asia Tenggara pada 23 hingga 30 Juli mendatang.

Menurut Menpora, rakor tersebut membahas tentang persiapan keseluruhan. Mulai dari kesiapan pihak penyelenggara, dalam hal ini Pemkot Solo atau Surakarta, dan instansi terkait yang juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan event tersebut.

“Yang kami bahas adalah persiapannya dan juga sekaligus menyampaikan kepada instansi terkait yg terlibat untuk melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban instansi masing-masing,” jelas Menpora.

Selain itu, lanjut Menpora berdasarkan laporan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, pihaknya menilai Pemkot Solo sudah siap untuk menjadi tuan rumah. Karenanya Menpora optimistis bahwa Indonesia, khususnya Kota Solo bisa sukses untuk menyelenggarakan ASEAN Para Games XI tahun ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI