Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Singapore Open: Ginting Menang karena Redam Kecepatan Loh

Sabtu, 16 Juli 2022 | 21:57 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS
Anthony Sinisuka Ginting.

Singapura, Beritasatu.com - Anthony Sinisuka Ginting mengungkapkan strateginya meredam kecepatan Loh Kean Yew menjadi kunci kemenangan dirinya atas wakil tuan rumah itu di semifinal Singapore Open, Sabtu (16/7/2022).

Bermain di Singapore Indoor Stadium, Kallang, Singapura, Ginting menundukkan unggulan keenam itu dengan 21-17, 21-14. Ginting yang merupakan unggulan keempat menyingkirkan harapan tuan rumah dalam waktu 37 menit.

"Pertama-tama mengucap syukur bisa bermain dengan baik tadi dan bisa menyelesaikan match tanpa cedera," ungkap Ginting usai menelesaikan laga semifinal Singapore Open 2022.

Saat gim pertama dimulai, Ginting sebenarnya sempat tertinggal lebih dulu. Namun dia kemudian mampu menguasai keadaan dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Beberapa kesalahan sendiri yang dibuatnya, membuat Ginting sempat tertinggal cukup jauh yakni 4-8. Setelah sempat mempertipis ketinggalan menjadi 7-8, Ginting kemudian kembali tertinggal 7-11 sehingga terjadi interval.

Namun setelahnya, Ginting sukses mengumpulkan empat poin beruntun dan menyamakan kedudukan. Tekanan yang dilakukan Loh membuat pebulutangkis Indonesia ini kembali tertinggal.

Ginting unggul satu poin namun mampu disamakan Loh menjadi 15-15. Setelah itu, Ginting melesat. Smes dan penempatan bola prima yang dibuat Ginting, membuatnya sukses merebut lima poin beruntun dan memimpin 20-14. Setelah sempat kehilangan dua poin, Ginting pun menyelesaikan gim pertama dengan 21-17.

"Memang tadi main cukup ketat, terutama di gim pertama. Saya sempat ketinggalan dan setelah itu mencoba untuk bermain lebih meningkatkan ritme permainan dan lebih sabar lagi dalam menyerang," ungkap pemain berusia 25 tahun itu.

Dalam dua pertemuan sebelumnya, Ginting selalu kalah me;awan Loh yakni di Thomas Cup 2022 dan Indonesia Masters 2014.

"Kalau sebelumnya saya sempat kalah dua kali dari Loh, sekarang bisa menang, saya enggak mau berkomentar, maksudnya menang dan kalah dalam pertandingan itu biasa," ungkap Ginting lagi.

"Strategi saya tadi untuk meredam kecepatan Loh, pastinya mencoba buat menyerang duluan dan memegang kendali permainan dari depan net. Jadi dari situ Loh juga kurang bisa menerapkan permainan menyerangnya. Jadi saya lebih dulu menyerang dan lebih bermain sabar dengan tenang juga," paparnya.

Ginting akan bertemu Kodai Naraoka pada partai pemungkas Sipngapore Open, Minggu (17/7). Pebulutangkis Jepang itu melaju ke final usai menundukkan wakil Tiongkok, Zhao Jun Peng, 21-18 dan 25-23. Ginting yang kini bertengger di peringkat 6 dunia belum pernah bertemu pebulutangkis urutan 43 itu.

"Besok lawan Kodai di final, ya nanti coba lihat lagi rekaman videonya. Ini juga karena pertemuan pertama saya. Jadi belum tahu juga permainan dia seperti apa. Cuma nanti pasti diskusi juga sama pelatih untuk menerapkan strategi seperti apa besok. Semoga besok bisa bermain dengan baik," ungkap juara Indonesia Masters 2020 ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI