Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Autopsi Ulang Brigadir J, Tim Mabes Polri Berangkat ke Jambi

Selasa, 26 Juli 2022 | 09:32 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / JAS
Suasana pemakaman Brigadir J atau Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Jakarta, Beritasatu.com - Tim dari Mabes Polri akan berangkat ke Jambi pada hari ini, Selasa (26/7/2022) untuk persiapan ekshumasi dan dilanjutkan dengan autopsi ulang jenazah Brigadir J atau Brigadir Nopryansyah Yosua Hutabarat.

Sebelumnya, Brigadir J tewas setelah aksi baku tembak dengan Bharada E di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022).

"Jadi, hari ini akan turun ke sana (Jambi) nanti kita lihat hasilnya," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri.

Nantinya, proses autopsi ulang Brigadir J akan dimulai dengan ekshumasi atau penggalian kubur. Kemudian dilanjutkan dengan peti dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi untuk melakukan proses autopsi ulang.

Selain itu, kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Tim Khusus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo baik dari Polri maupun Komnas HAM dan Kompolnas.

Dikatakan Ramadhan, tidak hanya tim khusus yang akan turun dalam proses autopsi ulang Brigadir J tersebut. Akan tetapi juga Pusdokes yang akan melakukan autopsi ulang, pusat laboratorium forensik (Puslabfor), serta beberapa tim yang diajukan oleh pihak keluarga Brigadir J.

"Yang jelas apapun yang diminta jadi pertama tim mengundang dari Pusdokes yang melaksanakan autopsi kemudian nanti juga akan dilakukan undangan lagi terhadap Puslabfor kami akan menjelaskan sejelas-jelasnya. Tentu nanti Komnas HAM akan menilai secara utuh dan komprehensif akan menyampaikan temuan itu dan tidak ada yang ditutup-tutupi," ucapnya.

Menurut Ramadhan, Polri dan seluruh penyidik akan melakukan tugas dan proses tersebut secara transparan, objektif, bertanggung jawab, dan akuntabel.

"Tentu tim ini, tim khusus yang akan bekerja secara serius, teliti, dan kita terbuka," ungkap mantan Kabag Penum Divisi Humas Polri itu.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, ekshumasi atau penggalian kubur kembali jenazah Nopryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J akan dilakukan pada Rabu (27/7/2022).

"Diputuskan untuk pelaksanaan ekshumasi di Jambi akan dilaksanakan pada Rabu besok. Jadi tim akan berangkat hari Selasa dan Rabu akan melaksanakan ekshumasi," kata Dedi kepada wartawan di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (23/7/2022).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI