Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Balap Sepeda Maraton GFNY Bali Pacu Pemulihan Pariwisata

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FMB
Para peserta yang mengikuti kejuaraan balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) 2022 yang digelar di Gianyar, Bali, Minggu, 7 Agustus 2022

Bali, Beritasatu.com – Sebanyak 2.000 peserta baik dari dalam dan luar negeri meramaikan kejuaraan balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) 2022 yang digelar di Gianyar, Bali, hari ini Minggu (7/8/2022).

Ajang ini menjadi bentuk nyata upaya pemulihan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta bidang olahraga yang terdampak pandemi Covid-19.

Founder GFNY Indonesia, Axel Moeller mengatakan perhelatan internasional ini tentunya diharapkan dapat menggerakkan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Inggris, Perancis, Italia, Amerika dan beberapa negara lainnya.

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor terkait mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya.

"Peserta terbaik akan diberangkatkan ke New York, USA untuk mengikuti World Championship tahun 2023 mendatang," kata dia dalam keterangannya.

“Saya memilih Bali karena Bali adalah pulau yang indah serta memiliki masyarakat dan budaya yang ramah. Peserta yang terdaftar berasal 19 negara," tambah Axel.

Ajang ini digelar yang ke 4 kalinya setelah 7 kali sebelumnya, ajang olahraga internasional road bike ini dilaksanakan mulai dari yang pertama pada 2016 dan 2017 di Lombok dan 2018 di Samosir. GFNY Bali terakhir digelar pada awal tahun 2020 saat pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia.

GFNY adalah seri maraton olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara dengan total 30.000 peserta, yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York. GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016.

Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun internasional dan dengan bangga Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Championship.

"Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yaitu long 137 km dan medium 102 km yang melewati pesisir pantai dan area gunung. Untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo 5-7 Agustus di Gianyar, di mana ada booth-booth dari berbagai macam industri," ungkap dia.

Koordinator MICE International Kemenparekraf, Kiagoos Irvan Faisal mendukung event-event yang melibatkan massa dari destinasi ke destinasi lainnya di Indonesia, seperti GFNY Bali yang sudah ke-4 kalinya ini.

Apresiasi disampaikan kepada jajaran Kepolisian Daerah Bali yang sudah memberikan dukungan penuh dalam memastikan keamanan dan keselamatan para peserta baik nasional maupun mancanegara. Jajaran Polda Bali dipimpin oleh Karo Ops Polda Bali Komisaris Besar Polisi Firman Nainggolan dan 4 Polres (Gianyar, Klungkung, Bangli dan Karangasem) menerjunkan total 876 personil yang dikerahkan untuk mengamankan rute sepanjang 139 km.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI