Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved

Piala Presiden Esports 2022 Diharapkan Lahirkan Atlet Kelas Dunia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:01 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH
Seremoni pembukaan atau kick off Piala Presiden Esports 2022 di Jakarta, Rabu malam, 10 Agustus 2022 

Jakarta, Beritasatu.com - Kejuaraan olahraga elektronik (esports) bertajuk Piala Presiden Esports (PPE) 2022 resmi bergulir. Ini ditandai dengan seremoni pembukaan atau kick off PPE 2022 di Jakarta dan diharapkan melahirkan bibit atlet kelas dunia.

Berbalut konsep artistik bertema Beyonderful, dari kata “beyond” dan “wonderful,” pembukaan Piala Presiden Esports 2022 menggambarkan perkembangan pesat dunia e-sports dari masa ke masa (beyond) beserta keindahannya yang bisa mempersatukan berbagai bahasa, suku, dan budaya (wonderful).

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Komjen Polisi Bambang Sunarwibowo mengumumkan bahwa babak grand final Piala Presiden Esports 2022 pada November mendatang akan diselenggarakan di Jakarta.

"PBESI dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2022 akan dilaksanakan di Jakarta. Jakarta dengan segala perkembangannya diharapkan dapat merepresentasikan kehangatan Indonesia," ungkap Bambang Sunarwibowo di Jakarta, Rabu (10/8/2022) malam.

Pihaknya optimistis bahwa kejuaraan ini mampu memperkuat potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk berprestasi di bidang e-sports level dunia. Menurutnya, PPE 2022 secara khusus diarahkan agar mampu menjadi batu lompatan bagi atlet-atlet e-sports kita untuk masuk dan berkompetisi ke level internasional.

Salah satu peluang istimewa yang dapat mereka raih adalah kesempatan untuk mengikuti turnamen esports skala dunia, IESF World Championship 2022 yang akan digelar di Bali pada Desember mendatang.

"Dengan target partisipasi 150 ribu atlet, kami optimistis bahwa efek positif akan terbangun secara luas ke seluruh tingkatan tim esports di seluruh Indonesia, baik amatir, semi-pro, maupun tim pro,” ujarnya.

Piala Presiden Esports 2022 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenko PMK, Kemenko Marves, Kemenpora, Kemenparekraf, Kemenkominfo, KONI Pusat dan PBESI.

Deputi II Kantor Staff Presiden (KSP) Abetnego Tarigan menyatakan Piala Presiden 2022 ini perlu terus didukung karena Esports merupakan ruang bagi talenta talenta muda berbakat untuk meraih prestasi. Selain itu Esports kini juga menjadi lapangan pekerjaan baru bagi generasi muda.

Ketua Pelaksana PPE 2022, Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, turnamen akan memasuki kualifikasi regional pada 12 September-6 Oktober 2022 yang terbagi menjadi regional timur dan regional barat.

“Piala Presiden Esports 2022 semakin memantapkan esports sebagai cabang olahraga dengan prestasi yang semakin diperhitungkan di Indonesia. Harapannya, kejuaraan ini mampu menelurkan atlet-atlet terbaik yang siap untuk berlaga di turnamen level dunia,” tutur Rangga.

Ketua Tim Business Matchmaking Kemenkominfo, Luat Sihombing mengatakan perkembangan esports bak bola salju yang tidak terhenti bahkan setelah masa pandemi. Penyelenggaraan PPE dan juga industri digital.

“Kami berharap gelaran PPE 2022 dapat menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menghelat sebuah turnamen e-sports dengan standar internasional. Kita yakin bahwa turnamen ini akan mencetak lebih banyak lagi talenta atlet -esports, developer game, event organizer, ataupun profesi kreatif lainnya bagi sumber daya muda kita, serta membuka minat investor untuk masuk," pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI