Logo BeritaSatu

Hatta Rajasa Raih Penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana

Selasa, 13 Agustus 2013 | 17:41 WIB
Oleh : Dina Manafe / B1

Jakarta - Menteri Kordinator Perekonomian Muhammad Hatta Rajasa mendapat anugerah tanda kehormatan penghargaan Bintang Mahaputra Adipradana dari pemerintah. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta, hari ini, Selasa (13/8).

Dalam siaran persnya, dikatakan penghargaan ini diberikan karena Hatta Rajasa dinilai berjasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi keutuhan, kelangsungan dan kejayaan bangsa, serta perannya dalam berbagai bidang pembangunan yang memberikan dampak nasional maupun internasional.

Dalam bidang internasional, kiprah Hatta Rajasa diakui telah meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan sejumlah negara. Karena peran pentingnya, Pemerintah Korea Selatan menganugerahkan "Gwangwha Medal", The First Rank of The Order of Diplomatic Service Merit, Republik of Korea kepada Hatta Rajasa pada tahun lalu.

Hatta juga menjabat selaku President International Atomic Energy Agency (IAEA) periode 2002-2003, yakni pusat kerjasama dunia di bidang nuklir yg didirikan semenjak 1957.

Sementara dampak nasional, kontribusi Hatta dalam pembangunan ekonomi Indonesia sangat besar, yang tercermin dari hasil kinerjanya selama menjabat. Berkat tangan dinginnya, Indonesia tumbuh menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia (economy global power).

Hal ini ditandai dengan tingginya pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen setiap tahunnya di tengah kemerosotan ekonomi global yang terus berlangsung. Angka ini melampaui pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia. Bahkan belakangan ini muncul istilah "Hattanomic". Istilah ini dikaitkan dengan arah kebijakan ekonomi Indonesia yang proteksionis dan nasionalistik.

Hatta juga dikenal dengan arah politiknya yang jelas bagi bangsa ini dengan mengedepankan "justice for all", artinya semua harus ditegakkan dalam upaya mengurangi kesenjangan. Kiprah Hatta Rajasa di panggung politik nasional yang membawa dampak luas saat bergabung dan sebagai salah satu pendiri Partai Amanat Nasional, kemudian terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 1999-2001 serta menjabat sebagai Ketua Fraksi Reformasi di DPR.

Karena aksi nyata dan lantangnya bersuara menyampaikan aspirasi, Hatta Rajasa dipilih sebagai salah satu dari 10 anggota DPR terbaik, versi wartawan yang meliput kegiatan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Pada 21 Mei 2013, Hatta dinobatkan sebagai Tokoh Reformasi yang diberikan oleh Jaringan Aktivitis Pro Demokrasi.

Hatta Rajasa lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 18 Desember 1953. Menjabat pada empat pos kementerian yakni Menristek, Menhub, Mensekneg dan MenkoPerekonomian.

Prestasi Hatta dalam mengelola kementerian sangat baik, terbukti dipercaya oleh 2 Presiden, era Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Selama menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa dipercaya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM, Menteri Negara BUMN, dan Menteri Keuangan. Semua tugas yang dipercayakan selagi tetap menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu dilaksanakan dengan baik.

Hatta mendapat berbagai penghargaan dari kalangan media yaitu Tokoh Perubahan 2011 dari harian nasional, kemudian The Rising Star dari majalah Indonesia, serta pada bulan Juni 2013 dari PWI Jaya diberikan penghargaan sebagai tokoh narasumber yang paling mudah dihubungi.

Pemerintah RI melalui Presiden, setiap menjelang perayaan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus selalu memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh. Pada 2013 ini, bintang Mahaputra Adipradana diberikan kepada 11 orang. 8 orang diantaranya adalah para menteri yang sudah 2 kali menjabat di KIB I dan KIB II. Sedangkan tiga diantaranya, berasal dari luar pemerintahan.

Selain Hatta, pejabat lain yang menerima bintang Mahaputra Adipradana, adalah Sudi Silalahi, Purnomo Yusgiantoro, Jero Wacik, Djoko Kirmanto, Moh. Nuh, Surya Darma Ali dan Mari Elka Pangestu.

Sedangkan tiga orang lainnya yang berasal dari luar pemerintahan adalah Mahfud MD, Alm. Baswedan dan Alm. Hj.Rahmah El Yunusiyyah.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Seleksi PPPK Guru 2022 Dibuka September, Ini Syarat Ketentuannya

Penerimaan PPPK guru ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat terutama oleh para guru honorer.

NEWS | 28 September 2022

Wartawan Terima Upeti dari Tambang Emas, Ini Kata Ketua PWI Papua Barat

PWI Papua Barat akan mengambil sikap tegas bahkan akan mencabut keanggotaan wartawan yang menerima upeti dari tambang emas ilegal.

NEWS | 28 September 2022

4 Tahun Terakhir, Dinas Pertamanan DKI Bangun 100 Taman

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menyebutkan selama empat tahun terakhir telah membangun sebanyak 100 taman.

NEWS | 28 September 2022

Pelaku Pungli terhadap Soleh Solihun Sudah Dipecat

Samsat Jakarta Selatan menghentikan pelaku pungli yang dialami oleh komika Soleh Solihun saat melakukan cek fisik kendaraan.

NEWS | 28 September 2022

Komedian Soleh Solihun Ungkap Ada Pungli di Samsat Jaksel

Komedian Soleh Solihun mengungkap pungli (pungutan liar) di Samsat Polres Metro Jakarta Selatan ketika sedang mengurus perpanjangan STNK.

NEWS | 28 September 2022

Presiden Jokowi Serahkan Bansos di Kantor Pos Jailolo

Saat mengunjungi Kantor Pos Jailolo, Presiden Jokowi menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para penerima manfaat.

NEWS | 28 September 2022

TECH Dukung Menteri Nadiem Wujudkan Digitalisasi Pendidikan

IndoSterling Technomedia (TECH) melalui aplikasi Edufecta siap mendukung Menteri Nadiem mewujudkan digitalisasi pendidikan tingkat dasar dan menengah.

NEWS | 28 September 2022

Tiba di Halmahera Barat, Jokowi Sapa Warga

Dari Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Halmahera Barat.

NEWS | 28 September 2022

Krisis Energi, Jerman Batal Tutup Pembangkit Listrik Nuklir

Krisis energi akan memaksa Jerman untuk membatalkan rencana penutupan pembangkit listrik nuklir.

NEWS | 28 September 2022

Bareskrim Usut Dugaan Penipuan Mark AI, Kerugian Rp 25 Miliar.

Bareskrim mengusut kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) robot trading Mark AI

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pantang Dilewatkan, Ini 4 Alasan Wajib Nonton <em>One Fight Night</em> 2

Pantang Dilewatkan, Ini 4 Alasan Wajib Nonton One Fight Night 2

SPORT | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings