Logo BeritaSatu

Masa Tenang, Prabowo Buka Puasa Bareng Ribuan Buruh di Bekasi

Senin, 7 Juli 2014 | 20:18 WIB
Oleh : MKL / WBP

Bekasi - Calon presiden nomor urut satu Prabowo Subianto melakukan buka puasa bersama ribuan buruh di Kawasan Jababeka, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/7).

Prabowo didampingi Presiden Konfederasi Serikat Pelerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, serta elit partai Gerindra Kabupaten Bekasi dan partai koalisi serta buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjadwalkan sejak Minggu (6/7) merupakan masa tenang, Prabowo mengunjungi kontrakan para buruh tanpa mengeluarkan komentar apa pun. Kehadiran Prabowo bukan merupakan kampanye tapi hanya mengadakan buka puasa bersama.

"Kehadiran beliau hanya untuk melakukan buka puasa bersama 10.000 buruh di tempat ini. Tidak ada kampanye," ujar Ketua Bidang Organisasi FSPMI, Obon Tabroni di lokasi.

Menurut dia, kehadiran Prabowo untuk melihat langsung kondisi di sekitar Kawasan Jababeka. Gedung-gedung megah di kawasan itu sangat kontras dengan kondisi kontrakan para buruh yang sangat memprihatinkan.

"Kami ingin buka puasa bersama teman-teman buruh. Dan kami undang dan beliau (Prabowo) bisa datang ke tempat ini. Kami ingin, beliau melihat langsung kondisi buruh di Bekasi yang sangat kontras dengan kondisi kawasan industri di Kabupaten Bekasi," ujar Obon.

Lebih lanjut dia mengatakan, satu rumah kontrakan bisa dihuni hingga tujuh orang karyawan. Hal ini, menjadi masalah bila, para buruh libur dan ketujuh orang tersebut bertumpuk dalam satu kontrakan.

Obon berharap, bila Prabowo-Hatta menjadi presiden dan wakil presiden, agar memperhatikan tempat tinggal para buruh. "Kawasan industri di Bekasi merupakan potret nyata yang dapat disamakan dengan kawasan industri di tempat lain," imbuhnya.

Dia menegaskan, dalam kontrak politik pasangan Prabowo-Hatta dengan para buruh ada 12 poin yang telah disepakati salah satunya terkait pengadaan terhadap rumah layak bagi buruh.

"Dalam kontrak politik dengan buruh salah satunya pengadaan perumahan rumah murah bagi para buruh. Saat ini, untuk mengurus perizinan pendirian rumah sangat mahal. Kalau bisa dipangkas, akan lebih murah membangun rumah," katanya.

"Ada 12 kontrak politik dengan buruh. Semuanya penting untuk direalisasikan oleh beliau dan kami yakin akan dilaksanakan," katanya.

Lebih lanjut Obon mengatakan, para buruh yang tergabung dalam KSPI akan solid mendukung Prabowo.

"Berdasarkan struktur organisasi, kami yakin akan solid mendukung beliau. Saat ini ada sekitar 60 persen buruh dari total jumlah penduduk di Kabupaten Bekasi sekitar 2,3 juta jiwa. Kami yakin buruh Bekasi solid mendukung beliau," imbuhnya.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings