Logo BeritaSatu

Grup Padjajaran Suites Tambah 10 Hotel Senilai Rp 550 Miliar

Sabtu, 8 November 2014 | 17:25 WIB
Oleh : Pamudji / FER

Bogor - Grup Padjajaran Suites Hotels Indonesia (PSHI) menambah 10 hotel baru senilai Rp 550 miliar. Kesepuluh hotel akan dibangun di sepuluh kota di Pulau Jawa.

Direktur dan General Manager Corporate PSHI Aan Kristiawan mengatakan, kesepuluh hotel tersebut dibangun secara bertahap dalam rentang waktu 2015 - 2020. Setiap hotel diperkirakan menelan investasi Rp 55 miliar, termasuk lahan. Dengan demikian, untuk membangun sepuluh hotel, perusahaan mengalokasikan investasi Rp 550 miliar. "Target kami, sampai 2020 ada penambahan 10 hotel," ujar Aan di Bogor, baru-baru ini.

Dia mengatakan, rata-rata setiap hotel membutuhkan lahan seluas 2.000 meter persegi. Oleh karenanya untuk membangun 10 hotel dibutuhkan lahan 20.000 meter persegi. "Lahan-lahan itu menyebar di sejumlah kota," jelas Aan.

Untuk pilihan lokasi, menurut Aan, masih fokus di Pulau Jawa, dimana setiap unit ada beberapa kota di masing-masing provinsi. Di Provinsi Banten, misalnya, grup akan membangun hotel di Serang. Selanjutnya di Jawa Barat, akan didirikan hotel di Tasikmalaya, Bandung, dan Karawang. Di Jawa Tengah, grup akan membangun hotel di Pekalongan dan Cilacap.

"Sedangkan di Jawa Timur, kami akan mendirikan hotel di Madiun, Mojokerto, Banyuwangi, Bojonegoro, Sidoarjo, dan Surabaya," tambah dia.

Aan menambahkan, kesepuluh hotel tersebut masuk ke segmen bintang dua dan tiga. Sedangkan pangsa pasar yang dibidik adalah segmen midle low. Bisnis hotel bintang dua dan tiga masih berpontensi besar di kota-kota yang dipilih. Rasio suplai dan demand di kota-kota tersebut dinilai masih cukup bagus.

Di samping itu, lanjut Aan, juga ada pertimbangan khusus yang melatari pendirian hotel. Di Bojonegoro, misalnya, pembangunan hotel dilatarbelakangi oleh tingginya potensi pasar yang dipicu oleh keberadaan pertambangan minyak Blok Cepu. Menurut Aan, kebaradaan Blok Cepu memicu kedatangan para pekerja asing (eksptariat). "Tentunya, mereka membutuhkan sarana akomodasi berupa hotel yang memadai," tegas Aan.

Keluarga Baru

Realisasi 10 hotel baru tersebut akan memperpanjang daftar hotel yang dimiliki dan dikelola oleh Grup Padjajaran Suite Hotels Indonesia. Kesepuluh hotel tersebut akan menjadi keluarga baru bagi beberapa hotel yang sudah ada. Aan menjelaskan, hotel – hotel itu tersebut sebagian sudah beroperasi, dan sebagian dalam tahap persiapan groundbreaking.

Hotel-hotel yang sudah beroperasi adalah Padjajaran Suites dan Padjajaran Suites Resort & Convention Hotel (Bogor), serta Padjajaran Suites Batu. Di samping itu, hotel yang sudah beroperasi adalah Imperium Bandung dan Padjajaran Suites Kerawang. Dalam waktu dekat, grup akan mengoperasikan Ijen Resort Malang. "Grand opening Ijen Resort kami rencanakan pada 10 Desember mendatang," kata Aan.

Di luar hotel-hotel tersebut, grup PSHI juga menyiapkan beberapa hotel yang segera masuk tahap pembangunan fisik. Hotel-hotel itu, yakni Padjajaran Suites Padang, yang direncanakan masuk grandbreaking pada Desember 2014. Pada bulan yang sama, grup juga akan memulai pembangunan fisik Alysya Hotel Depok, serta Alysya Songgoriti, Batu.

"Kami juga sedang membangun Grand Master Hotel Internasional Purwodadi. Hotel bintang tiga ini akan beroperasi pada akhir Juni 2015," jelas Aan.

Guna menggaet tamu, Grup Padjajaran Suites Hotels Indonesia mengedepankan nuansa dan atmosfer lokal, khususnya Sunda. Di Padjajaran Suites Resort & Convention Hotel , misalnya, di luar nama hotel, atmosfer Sunda juga tecermin dari pilihan menu makanan. Menu yang dihidangkan mayoritas bernuansa Sunda. Beragam masakan Sunda, baik yang dipepes, goreng, maupun bakar, ada di hotel ini. Nama restonya pun memakai diksi dari Bahasa Sunda.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Parlemen Finlandia Setuju untuk Bergabung dengan NATO

Parlemen Finlandia Setuju untuk Bergabung dengan NATO

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings