Logo BeritaSatu

Telkom Bidik Pengembangan Teknologi di 30 Kawasan Industri

Senin, 11 Mei 2015 | 14:37 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menargetkan 30 kawasan industri telah memperoleh pengembangan infrastruktur information and communication technology (ICT) menuju broadband industrial estate dengan investasi Rp 30 miliar hingga akhir 2016.

Untuk tahun 2015 sendiri, Telkom menargetkan 17 kawasan industri dikembangkan menjadi broadband industrial estate.

"Investasi Rp 30 miliar kita spending untuk pemenuhan industri baru di luar Jawa dan untuk upgrade infrastruktur. Kita harapkan bisnis ini bisa sumbang 2 persen ke pendapatan Telkom," ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam penandatanganan nota kesepahamaan (memorandum of understanding/MoU) antara Telkom dengan Himpunan Kawasan Industri (HKI) di Jakarta, Senin (11/5).

Dia mengatakan, sampai awal 2015, dari 67 kawasan industri yang tergabung dalam HKI, hampir semua anggota telah bekerja sama dengan Telkom dalam pengembangan infrastruktur ICT menuju broadband industrial estate. "Layanan yang dibutuhkan sekarang tidak hanya suara, tapi juga transfer data dan mobile services. Dinamika bisnis juga sudah luar biasa," ujarnya.

Kerja sama ini, sambungnya merupakan langkah Telkom untuk mendukung memajukan sektor industri di Indonesia. Sebelumnya, perseroan sudah mendukung sektor maritim, pariwisata dan pendidikan. Tahun ini, tambahnya ada tiga kawasan yang menjadi fokus layanan ICT, yakni kawasan industri, bisnis, dan hunian.

Dalam pengelolaan kawasan industri berbasis digital ini, Telkom memberikan layanan yang terintegrasi seperti connectivity, baik berupa MPLS atau internet, data centre, Indihome berupa surveilence system, portal, ticketing system, e-money, smart office, panic button, digital advertising, dan e-parking. "Telkom juga telah bekerja sama dengan 13 kawasan industri di luar Jawa untuk pengembangan digital industrial estate," tambahnya.

Ketua HKI Sanny Iskandar mengharapkan, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan sektor industri Indonesia ke depannya. Disebutkannya, HKI memiliki 67 kawasan industri atau terdiri dari 8.517 tenant.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuartal I, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Susut 14,33%

Kuartal I, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Susut 14,33%

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings