Es Ketan Susu, Sajian Nikmat di Payakumbuh
Logo BeritaSatu

Es Ketan Susu, Sajian Nikmat di Payakumbuh

Minggu, 11 Oktober 2015 | 11:30 WIB
Oleh : MUT

Payakumbuh - Ketan biasanya diolah jadi makanan tradisional berupa kue basah. Rico, salah seorang warga Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar),berkreasi dengan ketan dengan mengolahnya menjadi makanan enak dan kekinian, yaitu ketan susu es yang ia namai Tansu Om Chenk.

"Berawal dari ikut-ikutan teman di Jawa membuat Ketan Susu (Tansu) saya juga membuka toko kecil-kecilan di daerah dengan menu dan resep yang berbeda," kata Rico, pencipta Tansudin, di Payakumbuh, Minggu (11/10).

Ia mengatakan, Tansu memang sudah banyak di produksi di daerah lain seperti Jakarta dan Yogjakarta, akan tetapi Tansu memiliki resep yang berbeda dari Tansu daerah lainnya. Menurut Rico, Tansu di daerah Jawa biasanya memakai tempe mendoan, sedangkan Tansudin menggunakan ketan susu yang dicampur dengan es.

Proses pembuatannya ternyata memakan waktu lama. Ketan direndam dulu hingga delapan jam, kemudian dikukus lalu disajikan menggunakan susu dan parutan es serta ditaburi coklat, keju, coco chip dan sebagainya.

"Kami memberikan sajian dengan aneka toping untuk menarik pelanggan," ujar pemilik Tansu Om Chenk ini.

Ia menyebutkkn, Tansu Om Chenk memiliki beberapa variasi sehingga pelanggan dapat memilih rasa sesuai selera diantaranya Tansu keju cokelat, Tansu keju green ice, Tansu meises, Tansu keju cokelat, Tansu cokelat vanila ice, Tansu keju cokelat vanila, Tansu keju vanila ice, Tansu keju Chococrunck dan Tansu cokelat chococrunck.

"Ketan susu yang dicampur es menjadi daya tarik pembeli, tidak hanya kaula muda ibu-ibu bapak-bapak anak-anak bahkan ustaz juga sering makan disini," katanya.

Beroperasi mulai dari pukul 17.00 WIB sampai malam dan jumlah pelanggan yang datang setiap harinya mencapai 100 orang per hari. Harga satu porsi Tansudin cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 per porsi.

Salah seorang pembeli Dela (23) mengatakan, suka membeli Tansu Om Chenk karena rasanya yang enak lalu es parut yang sejuk, banyak pilihan rasa, kemudian ketannya lembut.

"Menurut saya tansu ini merupakan jajanan mengenyangkan sekaligus unik," katanya.

Sumber: Antara


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA



TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS