Logo BeritaSatu

Anggota DPR Geram Menristekdikti Larang Kegiatan SGRC di UI

Senin, 25 Januari 2016 | 16:57 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / JAS

Jakarta - Anggota DPR RI, Yustine Irine Roba Putri, mengkritik pernyataan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir yang melarang aktivitas Support Group and Resources Center on Sexuality Studies (SGRC), sebuah kelompok advokasi isu gender di Universitas Indonesia.

Menurut Irine Roba, pernyataan sang menteri itu bertentangan dengan semangat antidiskriminasi yang menjadi dasar gagasan pendiri bangsa. Sebab seperti tertuang dalam pembukaan dan batang tubuh UUD 1945, semua warga negara memiliki hak dalam berserikat, berkumpul, dan mendapatkan akses pendidikan yang layak dan setara.

"Sebagai menteri, dia (Nasir) seharusnya menimbang aspek penguatan kampus sebagai basis penegakan nilai antidiskriminasi, bukan malah menghalangi kegiatan sebuah kelompok yang mengadvokasi masalah gender," tegas Irine, Senin (25/1).

"Vonis baik-buruk atau benar-salah Pak Menteri terhadap keragaman yang ada tidak boleh menggugurkan hak konstitusional kelompok tersebut."

Irine menyatakan dirinya khawatir, jika pernyataan Menteri Nasir menjadi dasar pengambilan kebijakan, maka dapat menghancurkan kampus sebagai pusat penanaman nilai kesetaraan dan antidiskriminasi. Seharusnya, menurut Irine, menteri bisa memahami prinsip bahwa sepanjang aktivitas tersebut tidak melanggar hukum dan ideologi negara, maka tidak perlu dilarang.

Irine menyatakan dirinya tidak ingin hanya karena ada perbedaan orientasi lantas menjadi penghalang warga negara dalam pemenuhan hak konstitusionalnya. "Menteri harusnya mendukung upaya setiap warga bebas dari kebijakan yang diskriminatif, terutama di institusi pendidikan yang seharusnya menjunjung tinggi kemajemukan seperti universitas," tandas politikus PDIP di Komisi I DPR RI itu.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Di Kyiv Ukraina, Iriana Jokowi Serahkan Bantuan Obat-obatan

Di Kyiv Ukraina, Iriana Jokowi Serahkan Bantuan Obat-obatan

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings