Logo BeritaSatu

YLKI Dukung Rencana Penghapusan 3 in 1 di Jakarta

Senin, 28 Maret 2016 | 13:13 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menghapuskan penerapan three in one (3 in 1) di Jakarta. Karena penerapan kebijakan tersebut dinilai tidak efektif mengatasi kemacetan Ibu Kota.

Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan penerapan kebijakan 3 in 1 memang tidak efektif dalam mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Justru, kebijakan tersebut melahirkan masalah baru. Yakni menjamurnya joki 3 in 1.

Advertisement

Karena itu, dirinya mendukung rencana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang ingin menghapuskan kebijakan tersebut.

“Saya setuju banget rencana penghapusan 3 in 1. Karena memang sudah tidak efektif lagi mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Malah, jadi mudah banget diakali oleh joki,” kata Tulus, Senin (28/3).

Bukan hanya permasalahan joki yang menjadi alasan utama untuk dihapuskannya 3 in 1. Menurut Tulus, tujuan kebijakan tersebut tidak tercapai yaitu mengurangi kemacetan di Jakarta yang menjadi persoalan menahun di Ibu Kota.

Setelah 3 in 1 dihapuskan, YLKI meminta Pemprov DKI segera merealisasikan penerapan jalan berbayar melalui program electronic road pricing (ERP). Yang hingga saat ini, ERP belum juga dapat diterapkan Pemprov DKI.

“Kami mendesak Pemprov DKI segera mengimplementasikan ERP di Jakarta. Kami optimistis ERP lebih efektif mengatasi kemacetan,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan menghapus kebijakan 3 in 1. Karena kebijakan tersebut dimanfaatkan sebagian orang untuk berprofesi sebagai joki. Parahnya lagi, para joki 3 in 1 ini banyak yang membawa balita dan anak-anak untuk menarik belas kasihan para pengendara mobil yang tidak berpenumpang tiga orang.

“Makanya, saya lagi pertimbangkan untuk mengkaji kebijakan three in one dihapuskan. Bangunlah panti sebanyak-banyak mungkin, bangun pesantren,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Senin (28/3).

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Wolfsburg, Bayern Muenchen Selalu Menang dalam 2 Partai Awal

Tekuk Wolfsburg, Bayern Muenchen Selalu Menang dalam 2 Partai Awal

BOLA | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings