Indonesia-Arab Perkuat Kerja Sama Kebudayaan
Logo BeritaSatu

Indonesia-Arab Perkuat Kerja Sama Kebudayaan

Kamis, 2 Maret 2017 | 09:00 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FMB

Bogor - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan Menteri Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi, Adel bin Zaid Al-Toraifi menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia dengan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi di Istana Bogor, Rabu (1/3).

Penandatangan kerja sama ini berlaku lima tahun tersebut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud.

Dijelaskan Muhadjir, kerja sama bidang kebudayaan ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan di antara kedua bangsa dan negara dengan berpegang pada prinsip-prinsip saling menghormati, saling pengertian dan saling menguntungkan.

Muhadjir menuturkan, pokok kesepakatan di bidang kebudayaan antar kedua yang disepakati diantaranya meliputi bidang promosi kebudayaan dan festival, kesenian, sejarah dan warisan budaya, perpustakaan, serta kebudayaan bagi Anak-anak.

“Kelima bidang kerja sama tersebut dilatarbelakangi keinginan kedua negara untuk mempererat kerja sama. Kami juga memberi perhatian khusus pada bidang permuseuman," ucapnya berdasarkan siaran pers yang diterima Suara Pembaruan, Selasa (2/3).

Selanjutnya, Muhadjir juga mengatakan, kerja sama di bidang promosi kebudayaan dan festival akan ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan program kebudayaan masing-masing negara di negara mitra.

Tak hanya itu, pertukaran pengalaman dan pelatihan sumber daya manusia di bidang kebudayaan juga akan dilaksanakan oleh kedua negara. Termasuk di dalamnya adalah pelatihan bagi para pejabat di bidang kebudayaan.

Sementara itu, di bidang kesenian, kerja sama akan diimplementasikan melalui pertukaran grup musik dan musik daerah dan kelompok-kelompok teater. Peningkatan partisipasi seniman dari kedua negara dalam seluruh program kesenian tingkat internasional atau regional yang diselenggarakan oleh pihak otoritas di kedua negara. Dan yang tak kalah menarik adalah disepakatinya pertukaran grup teater anak-anak dari kedua negara.

Dalam bidang sejarah dan warisan budaya, kerja sama meliputi pertukaran informasi mengenai sejarah, ilmu purbakala, antropologi, museologi, dan warisan budaya.

Selanjutnya, ia juga mengatakan, pemerintah kedua negara menyepakati juga penyelenggaraan pameran sejarah dan warisan budaya di kedua negara, serta peningkatan partisipasi dalam kegiatan pameran internasional atau regional. Sedangkan untuk bidang perpustakaan, akan ada pertukaran buku, majalah, katalog, dokumen, dan penerbitan buku di bidang kebudayaan. Serta keduanya juga bersedia melakukan pertukaran pengalaman di bidang perpustakaan dan industri penerbitan.

Sementara, untuk memupuk pemahaman melalui kebudayaan antara dua negara, Muhadjir menuturkan, akan diselenggarakan penyelenggaraan pameran lukisan kartun bagi anak-anak dan pertukaran pertunjukan teater anak-anak pada program-program khusus kebudayaan yang diselenggarakan di kedua negara.

Sebagai informasi, selain kerja sama di bidang kebudayaan, tercatat juga 10 kesepakatan berhasil dicapai kedua negara yang kemudian dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman dan deklarasi. Beberapa nota kesepahaman yang ditandatangani pejabat tinggi dari Republik Indonesia(RI) dan Kerajaan Arab Saudi di antaranya meliputi bidang urusan Islam; kesehatan; saintifik dan pendidikan tinggi; kelautan dan perikanan; perdagangan; serta pengembangan usaha kecil dan menengah.

Selain itu, dicapai juga deklarasi bersama antara pemerintah RI dengan Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan sidang komisi bersama. Pada kesempatan tersebut juga ditandatangani kesepakatan antara otoritas aeronautika pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi, serta kontribusi pendanaan Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund for Development dengan Pemerintah RI.





Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA



TAG POPULER

# KRI Nanggala


# Larangan Mudik


# EDC Cash


# Joseph Paul Zhang


# SIKM



TERKINI

Raden Pardede: Larangan Mudik untuk Lindungi Kesehatan Masyarakat

KESEHATAN | 7 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS