Logo BeritaSatu

Perhutani Adopsi Prinsip Pengelolaan Hutan Berkelanjutan

Senin, 25 September 2017 | 17:58 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Perum Perhutani sebagai BUMN Kehutanan terbesar di Indonesia, mengajak konsumen kayu dan masyarakat untuk peduli kelestarian hutan dengan menggunakan produk-produk berbahan kayu berasal dari hutan yang dikelola perusahaan secara bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Direktur Keuangan Perhutani, Sugiarti mengatakan, melalui kegiatan Indonesia FSC Week 2017, pihaknya mengajak konsumen, masyarakat dan generasi muda untuk peduli pada kelestarian sumber daya hutan, mulai dari kesdaran dalam memilih produk-produk ramah lingkungan.

"Sebagai produsen kayu jati terbesar di dunia, kami berkomitmen untuk senantiasa mengelola hutan secara lestari, dengan menerapkan kelestarian produksi, kelestarian lingkungan dan sosial," kata Sugiarti, di Jakarta, Senin (25/9).

Menurutnya, Perhutani sendiri telah menerapkan sepuluh prinsip Sustainable Forest Management dalam pengelolaan hutan yang mengacu pada standar internasional Forest Stewardship Council (FSC).

"Perhutani merupakan perusahaan pertama di dunia yang memperoleh sertifikat internasional Sustainable Forest Management dari Smartwood Rain Forest Alliance. Bahkan, Perhutani telah meraih sertifikat FSC pada tahun 2011," kata dia.

Saat ini, kata Sugiarti, Perhutani mengelola 3,7 juta hektare (ha) kawasan hutan di Indonesia (Perhutani Group) atau 2,4 juta ha di wilayah Jawa dan Madura.

"Adapun produk utama yang dihasilkan antara lain kayu bulat, kayu olahan, gondorukem, terpentin, minyak kayu putih, 236 wisata alam dan produk agribisnis lainnya," tambahnya.

Menurut Sugiarti, konsumen saat ini tidak hanya melihat harga sebagai faktor penentu pemilihan produk. Untuk itu, lanjutnya, Perhutani terus mendorong perilaku green consumer bisa semakin meluas.

"Perusahaan kehutanan di Eropa, Amerika Serikat, bahkan Afrika sebagai penghasil produk kayu dan kertas telah melakukan hal ini. Sebagai produsen kita berperan memberi edukasi dan mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam pelestarian lingkungan, khususnya hutan," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shanghai Deteksi Kasus Infeksi Baru setelah 5 Hari Nol Covid

Shanghai Deteksi Kasus Infeksi Baru setelah 5 Hari Nol Covid

NEWS | 27 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings