Putin-Erdogan Luncurkan Proyek PLTN di Turki
Logo BeritaSatu

Putin-Erdogan Luncurkan Proyek PLTN di Turki

Rabu, 4 April 2018 | 16:16 WIB
Oleh : Iwan Subarkah / GOR

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (¾) meluncurkan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pertama di Turki, yang berlokasi di daerah Mersin Mediterania.

“Bismillah!” seru Erdogan, didampingi Putin di istana kepresidenan di Ankara, saat meresmikan pembangunan PLTN Akkuyu senilai US$ 20 miliar.

Televisi negara Turki, TRT, menunjukkan para pekerja sudah mulai bekerja saat kembang api menandai dimulai pembangunan PLTN tersebut.

Begitu rampung nanti, pembangkit listrik ini disebutkan akan memenuhi 10% kebutuhan listrik di Turki. Negara ini hanya memiliki sedikit sumber daya energi sendiri.

Tahap pertama dari PLTN ini diperkirakan mulai beroperasi pada 2023 atau bertepatan dengan peringatan lahirnya Turki modern. Sedangkan penyelesaian proyek diperkirakan terjadi pada 2026.

“Skala proyek ini sulit untuk tidak digemborkan. Ini menandai tahapan baru pembangunan ekonomi Turki,” ujar Putin.

Erdogan menambahkan bahwa pembangkit listrik itu akan menyumbang ketahanan energi negara dan juga berperan penting dalam perang melawan dampak-dampak perubahan iklim.

Menteri Energi Turki Berat Albayrak, yang kebetulan merupakan menantu Erdogan, memuju proyek Akkuyu dengan menyebutnya tonggak dalam pemenuhan asa 63 tahun terakhir.

Turki dan Rusia meningkatkan hubungan dalam beberapa bulan terakhir dan bekerja sama di sejumlah area. Dalam bidang ekonomi termasuk di sektor energi. Sedangkan dalam bidang geopolitik termasuk mengenai krisis Suriah, kendati pun kedua negara ini berbeda pandangan di beberapa area kebijakan kunci.

“Kami juga bekerja sama erat dengan Rusia untuk secepatnya menyudahi ancaman teror dan pertikaian di Suriah,” kata Erdogan.

Rusia dan juga Iran selaku pendukung utama rezim berkuasa di Suriah bergabung dengan Turki yang mendukung pihak pemberontak untuk memajukan proses perdamaian. (afp)



Sumber: Investor Daily

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA



TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS