Logo BeritaSatu

Arus Mudik Ramaikan Bandara Kualanamu

Senin, 11 Juni 2018 | 08:16 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / JAS

Kualanamu - Arus mudik masyarakat dari berbagai daerah yang menggunakan jasa transportasi udara sudah berdatangan melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) di Kabupaten Deli Sersang, Sumatera Utara (Sumut).

Tidak hanya berdatangan dari berbagai daerah maupun provinsi, arus mudik masyarakat yang selama ini bekerja di negara luar, turut melakukan mudik dalam rangka menyambut lebaran melalui bandara kebanggaan masyarakat itu.

"Beberapa hari belakangan, ada ribuan penumpang yang tiba di Kualanamu. Selain itu, tidak sedikit pula penumpang yang berangkat melalui bandara ini," ujar seorang perwira polisi yang melakukan pengamanan di Bandara Kualanamu, Iptu Firdaus Kemit, Senin (11/6).

Firdaus mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan TNI dan otoritas bandara dalam melakukan pengamanan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang perayaan Idulfitri tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat juga harus mewaspadai segala kemungkinan, dan menjaga barang miliknya masing - masing. Pengamanan bandara kami lakukan ekstraketat. Alat metal detektor juga kami gunakan demi kenyamanan masyarakat," katanya.

Humas Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setyanto menyampaikan, tidak ada kendala yang dihadapi pengelola bandara dalam melayani masyarakat saat mudik Lebaran tersebut. Puncak arus mudik masyarakat diprediksi H-2 lebaran.

"Jumlah penumpang yang berdatangan dari sejak Sabtu akhir pekan lalu, sudah lebih dari 32.607 jiwa. Jumlah penumpang yang melakukan mudik ini dipastikan semakin bertambah. Kami upayakan memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara melansir, jumlah masyarakat yang melakukan mudik menyambut Lebaran, dengan menggunakan jasa transportasi kereta api, sudah lebih 59.000 orang.

"Jumlah ini dipastikan mengalami peningkatan H-4 lebaran. Arus mudik tahun 2018 ini diprediksi meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya," ujar Vice Presiden PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut, Rusi Haryono di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Rusi mengatakan, PT KAI menyediakan 24.800 kursi per harinya untuk melayani kebutuhan masyarakat yang akan melakukan mudik dengan menggunakan kereta api ke sejumlah daerah di Sumut. Selain itu, juga dilakukan penambahan gerbong kereta.

"Kami sudah menyiapkan berbagai skenario penanganan arus mudik masyarakat menyambut lebaran. Petugas keamanan juga ditempatkan melakukan pengamanan agar mudik masyarakat berjalan aman dan lancar nantinya," katanya.

Rusi mengharapkan, masyarakat yang melakukan mudik dengan menggunakan jasa kereta api supaya tetap mewaspadai segala kemungkinan, termasuk menghindari calo saat melakukan pembelian tiket untuk mudik lebaran nantinya.

"Lebih baik masyarakat membeli tiket secara resmi baik di merchant yang bekerja sama dengan kita, melalui website kereta api ataupun di stasiun. Jangan sampai membeli tiket dengan menggunakan jasa calo. Kami siap melayani masyarakat," sebutnya.

Menurutnya, tiket kereta untuk tanggal 12 sampai 19 Juni 2018, khusus Divre I Sumut, sudah habis terjual. Masyarakat sudah melakukan pembelian tiket jauh hari sebelumnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

Metaverse Berkembang, Menkominfo: Indonesia Tak Ketinggalan

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings