Logo BeritaSatu

Ekonomi AS Tumbuh 2,9% pada 2018

Jumat, 1 Maret 2019 | 09:06 WIB
Oleh : Iwan Subarkah / GOR

WASHINGTON – Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh pesat pada tahun lalu, yakni mencapai 2,9%. Dampak pemangkasan pajak benar terasa, walau perlambatan kemudian terjadi pada bulan-bulan terakhir 2018.

“Ekspansi produk domestik bruto (PDB) sebesar 2,9% pada 2018 menunjukkan kenaikan dari 2,2% pada tahun sebelumnya dan hampir mencapai target yang dicanangkan oleh Presiden Donald Trump,” kata Departemen Perdagangan (Depdag) AS dalam laporannya, Kamis (28/2).

Pencapaian tahun lalu itu menyamai tingkat pertumbuhan pada 2015 dan merupakan yang tertinggi sejak 2005. Namun pada periode Oktober-Desember 2018 terjadi perlambatan menjadi 2,6% secara tahunan. Dibandingkan 3,4% pada triwulan ketiga dan 4,2% pada triwulan kedua tahun tersebut.

Walau demikian, perlambatan laju pertumbuhan pada triwulan keempat itu masih lebih baik dari perkiraan. Karena kalangan ekonom memprediksikan perlambatan lebih besar, setelah belanja konsumen rendah selama periode liburan akhir tahun.

Kuatnya pertumbuhan ekonomi AS tahun lalu didukung oleh solidnya penciptaan lapangan kerja. Tapi juga mengindikasikan peningkatan secara temporer, karena disertai dengan pembengkakan defisit anggaran pemerintah.

Kantor Anggaran Kongres AS bulan lalu memperkirakan ekonomi AS tumbuh lebih lambat lagi tahun ini. Yakni sebesar 2,3% karena dampak pemangkasan pajak 2017 dan stimulus fiskal 2018 bakal menghilang. Tapi Gedung Putih memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada 2019 tetap kuat.

Tutupnya operasional pemerintahan federal selama lima pekan kemungkinan tidak berdampak besar terhadap data PDB, karena diprediksi hanya menggerus 0,02% dari perekonomian. Penutupan itu sebagian terjadi pada Januari 2019.

“Dampak positif pemangkasan pajak di tengah naiknya belanja pemerintah dirasakan sektor bisnis AS. Mereka membangun fasilitas produksi dan meningkatkan inventori,” kata Depdag AS.

Laporan pertumbuhan ekonomi ini tertunda satu bulan lantaran government shutdown tersebut. Sedangkan perlambatan tajam pada kuartal III tahun lalu disebabkan dampak perang dagang dengan Tiongkok. Yang mana kedua negara menjatuhkan tarif atas barang impor masingmasing senilai total US$ 360 miliar.

Perang ini hingga sekarang masih berusaha diselesaikan dan terus memberikan sentimen positif maupun negatif ke pasar finansial. Turunnya kegiatan perdagangan internasional menggerus 2% dari perekonomian AS pada triwulan tiga 2018.

Sementara pada triwulan terakhir, area-area yang terdorong oleh stimulus juga menunjukkan perlambagan. Seperti investasi bisnis berupa pembangunan pabrik yang melambat ke level terendah dalam satu tahun. Lalu belanja pemerintah non-pertahanan yang kontraksi 5,6% atau penurunan terbesar dalam lima tahun. (afp)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat terkait tersebut dilakukan imbas dari tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Mendes PDTT: Dana Desa Berhasil Dongkrak Pembangunan Desa

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan dana desa  telah digunakan membangun jalan desa sepanjang 316.590 kilometer.

NEWS | 3 Oktober 2022

Hari Ini Ada 25 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (3/10/2022) tersisa 25 orang.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mendes PDTT Sampaikan Duka Cita

Mendes PDTT menyampaikan bela sungkawa dan duka cita mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan Dapat Santunan Rp 15 Juta

Pemerintah memberi perhatian kepada korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang dengan memberikan santunan kepada ahli waris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Jokowi Santuni Keluarga Para Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta kepada masing-masing keluarga korban tewas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pemerintah Santuni 125 Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah memberikan santunan ahli waris kepada korban Tragedi Kanjuruhan, di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang, Presiden PKS Dorong Evaluasi Menyeluruh

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu tak menginginkan tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 3 Oktober 2022

KPK Duga Rektor Unila secara Sepihak Batasi Kuota Penerimaan Maba

KPK mendalami dugaan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani secara sepihak membatasi kuota penerimaan mahasiswa baru (maba)

NEWS | 3 Oktober 2022

Gocekan Jawaban Menko Airlangga Bikin Gibran Tepok Jidat

Airlangga dan Gibran menyempatkan untuk berbincang ringan dan bermain tebak-tebakan dan diunggah melalui akun media sosial Instagram.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings