Logo BeritaSatu

BPOM Temukan 2 Ton Bahan Tambahan Pangan Berbahaya

Jumat, 1 Maret 2019 | 14:44 WIB
Oleh : Eva Fitriani / GOR

JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan dua ton bahan tambahan pangan (BTP) yang berbahaya bagi kesehatan di Pasar Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan. Temuan itu merupakan hasil Operasi Terpadu Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Boraks yang digelar BPOM bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kepala Kantor BPOM Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Utara Bambang Hery Purwanto menerangkan, dalam operasi ini didapatkan Bahan Tambahan Pangan (BTP) pengembang yang sering digunakan masyarakat untuk campuran bahan membuat kerupuk yang mengandung boraks dengan merk dagang “Tcap Djago”, dan mencantumkan Nomor Izin Edar palsu sebanyak 2.094 pieces dengan berat 2 ton dan nilai ekonomi mencapai Rp 31.410.000. "Produk pangan tersebut ditemukan di 2 sarana distribusi Pangan yang ada di Pasar Amuntai," kata Bambang dalam keterangan resminya, Kamis (28/2).

Dia mengungkapkan, pemilik sarana selanjutnya dimintai keterangan untuk menelusuri asal bahan baku, pendistribusian produk, dan untuk mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan. "Barang bukti telah diamankan oleh Kantor BPOM Kab. HSU, mengingat penyalahgunaan dan kegunaan yang salah terhadap bahan-bahan yang dilarang untuk pangan, terus berkembang di masyarakat," terang dia.

Bambang menegaskan, BPOM akan terus mengintensifkan pengawasan pangan yang beredar, baik secara mandiri maupun bersama lintas sektor untuk melindungi masyarakat dari pangan yang tidak memenuhi syarat. “Kepada masyarakat agar jangan sampai terpengaruh karena produk pengembang “Bleng” yang kami temukan mencantumkan Nomor Izin Edar Palsu, sehingga termasuk pangan Tanpa Izin Edar. Kami mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan produk tersebut, karena mengandung Bahan Berbahaya Boraks,” pungkas dia. (*)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, 28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik

Polri saat ini sedang memeriksa 28 anggota Polri yang diduga melanggar kode etik. Hal itu imbas dari tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat terkait tersebut dilakukan imbas dari tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Mendes PDTT: Dana Desa Berhasil Dongkrak Pembangunan Desa

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan dana desa  telah digunakan membangun jalan desa sepanjang 316.590 kilometer.

NEWS | 3 Oktober 2022

Hari Ini Ada 25 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Senin (3/10/2022) tersisa 25 orang.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mendes PDTT Sampaikan Duka Cita

Mendes PDTT menyampaikan bela sungkawa dan duka cita mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan Dapat Santunan Rp 15 Juta

Pemerintah memberi perhatian kepada korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang dengan memberikan santunan kepada ahli waris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Jokowi Santuni Keluarga Para Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan santunan sebesar Rp 50 juta kepada masing-masing keluarga korban tewas tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Pemerintah Santuni 125 Ahli Waris Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah memberikan santunan ahli waris kepada korban Tragedi Kanjuruhan, di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang, Presiden PKS Dorong Evaluasi Menyeluruh

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu tak menginginkan tragedi Kanjuruhan, usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya.

NEWS | 3 Oktober 2022

KPK Duga Rektor Unila secara Sepihak Batasi Kuota Penerimaan Maba

KPK mendalami dugaan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani secara sepihak membatasi kuota penerimaan mahasiswa baru (maba)

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, 28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik

Tragedi Kanjuruhan, 28 Polisi Diduga Langgar Kode Etik

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings