Logo BeritaSatu

Teknologi AI Bisa Terjemahkan Makna Tangisan Bayi

Sabtu, 8 Juni 2019 | 21:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Illinois, Beritasatu.com- Para orang tua tak perlu lagi kebingungan memaknai tangis bayi. Kini teknologi Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan bisa dimanfaatkan untuk memaknai tangisan bayi.

Seperti dilaporkan RT, Kamis (6/6), satu tim peneliti di Illinois, Amerika Serikat (AS) mengklaim telah menciptakan Holy Grail untuk orang tua, perawat dan dokter anak: alat yang dapat menguraikan pembicaraan bayi atau, lebih khusus lagi, tangisan mereka.

Orang tua baru sering kehilangan akal saat mencoba mencari tahu apakah bayi mereka sakit, lelah, lapar, membutuhkan pelukan, atau mungkin sesuatu yang lebih serius.

Untungnya, tim peneliti AS telah mengembangkan metode kecerdasan buatan baru yang dapat membedakan tangisan bayi satu sama lain, serta membedakan tangisan bayi kritis dan non-kritis satu sama lain, misalkan: apakah anak dalam kesulitan atau hanya sekadar lapar.

Dengan menggunakan algoritma bahasa tangis eksklusif, berdasarkan pada pengenalan suara otomatis, para peneliti dapat mendeteksi pola tersembunyi dalam tangisan bayi. Peneliti menggunakan teknik penginderaan terkompresi yang merekonstruksi sinyal tangis mentah awal berdasarkan input data yang langka.

Teknologi ini sangat berguna untuk menganalisis tangisan bayi, terutama di lingkungan yang bising, di mana mereka paling mungkin diambil data tangisnya yaitu bangsal menyusui, rumah sakit bersalin, atau di lingkungan rumah yang kacau.

Algoritma dapat mengklasifikasikan dan mencatat berbagai fitur tangisan yang kemudian memberikan wawasan mengapa bayi menangis dan betapa mendesaknya situasi mereka, sehingga memberi informasi penting untuk orang tua dan petugas kesehatan.

“Seperti bahasa khusus, ada banyak informasi yang berhubungan dengan kesehatan dalam berbagai suara tangisan. Perbedaan antara sinyal suara sebenarnya membawa informasi,” papar Lichuan Liu dari Laboratorium Pemrosesan Sinyal Digital di Illinois yang melakukan penelitian.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Partai Kebangkitan Nasional Gelar Rakernas I di Jakarta

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, mulai hari ini, Kamis (6/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

3 Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di 3 wilayah Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022

Melon Indonesia Terpilih Tampil di Tokyo Game Show 2022

Melon Indonesia terpilih sebagai satu dari sepuluh studio atau perusahaan industri gim sebagai delegasi Indonesia untuk tampil dalam Tokyo Game Show 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hari Ini Jokowi Buka Pertemuan P-20 di DPR

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pertemuan Parliamentary P-20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/10/2022).

NEWS | 6 Oktober 2022

Korut Tembakkan Rudal, Respons Latihan Bersama Korsel-AS

Korut tembakkan rudal balistik jarak pendek dua kali ke pantai timurnya pada Kamis (6/10/2022) arah ke Jepang, merespons latihan bersama.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dituntut 15 Tahun, Indra Kenz Ajukan Pembelaan

Indra Kenz dituntut 15 tahun perjara oleh jaksa penuntut umum. Indra Kenz pun akan menyampaikan nota pembelaan dalam kasus Binomo itu.

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Referendum di Ukraina, Putin: Sudah Konklusif dan Transparan

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut hasil referendum di Ukraina wilayah Donbass, Kherson, dan Zaporoszhye sudah konklusif dan transparan

NEWS | 6 Oktober 2022

Kader GPII Diminta Wujudkan Indonesia Emas

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GPII Ujang Ridwansyah mendorong para kader pemuda Islam mewujudkan Indonesia emas

NEWS | 6 Oktober 2022

Lesti Kejora Ternyata Sudah Sering Mengalami KDRT

Rizky Billar dikatakan polisi juga pernah coba melukai Lesti Kejora dengan melempar bola billiard tapi tidak terkena.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Buka Konferensi Ke-3 Ekonomi Kreatif 2022 di Bali

Jokowi Buka Konferensi Ke-3 Ekonomi Kreatif 2022 di Bali

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings