Logo BeritaSatu

Hendrik Yance: Indonesia Perlu Kuatkan Nilai Kearifan Lokal

Minggu, 17 November 2019 | 09:26 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia perlu menguatkan nilai kearifan lokal guna membangun persaudaraaan dan kerukunan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum DPN Gerakan Rakyat Cinta Indonesia Hendrik Yance Udam (HYU). Dalam diskusi Forum Koordinasi dan Sinkroninasi Wawasan Kebangsaan, HYU mengatakan bahwa Indonesia memiliki keunikan-keunikan khusus dibanding negara lainya di dunia. Berlimpah sumber daya alamnya yang serta keberagaman budaya yang beragam dan berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke serta memilki potensi untuk menjadi negara terbesar di dunia.

Menurut tokoh papua ini Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduknya sekitar dua ratus enampuluh sembilan juta jiwa dan merupakan negara berpenduduk keempat terbanyak di dunia, setelah negara Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

"Penguatan nilai-nilai kearifan lokal dalam membangun persaudaraan dan kerukunan antara sesama anak bangsa sangatlah penting dalam menjaga dan merawat keutuhan negara kesatuan republik Indonesia dari perpecahan serta melawan suburnya semangat radikalisme, intoleran, terorisme, serta semangat disintegrasi bangsa," kata HYU melalui keterangan, Minggu (17/11/2019).

"Kearifan lokal terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) yang artinya kebijaksanaan dan lokal artinya daerah setempat. Jadi secara umum pengertian dari kearifan lokal adalah gagasan-gagasan, nilai-nilai atau pandangan dari suatu tempat yang memiliki sifat bijaksana dan bernilai baik yang diikuti dan dipercayai oleh masyarakat di suatu tempat tersebut dan sudah diikuti secara turun temurun," imbuhnya.

Sedangkan ciri-ciri kearifan lokal, HYU menjelaskan terdapat beberapa ciri-ciri yaitu, merupakan benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar, mempunyai kemampuan mengakomodasi budaya luar, mempunyai kemampuan memberi arah perkembangan budaya serta mempunyai kemampuan mengintegrasi atau menyatukan.

Hendrik menambahkan bahwa kearifan lokal merupakan pengetahuan eksplisit yang muncul dari periode yang panjang dan berevolusi bersama dengan masyarakat dan lingkungan di daerahnya berdasarkan apa yang sudah dialami. Kearifan lokal di setiap daerah berbeda-beda tergantung lingkungan dan kebutuhan hidup.

"Untuk itu kearifan lokal suatu daerah dapat di pakai sebagai sebuah konsep untuk menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa yang ada di daerah tersebut. Oleh sebab itu peran serta masyarkat adat daerah tersebut lebih lagi di berdayakan dengan konsep Pancasila sebagai Ideolgi bangsa," sebut Hendrik.

"Pengaruh liberal di negara negara eropa timur sangat kuat sekali dan menghancurkan sendi- sendi kehidupan sosial ekonomi dan politik dan membuat negara-negara di Eropa pecah, tetapi saya dengan Pancasila, UU 1945 , Bhinneka Tunggal IKa dan NKRI adalah keempat konsesus kebangsaan yang merupakan roh dalam konsep berbangsa dan bernegara yang bisa dapat menyatukan kita, " pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Tahap 2 Roy Suryo Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo dengan tersangka Roy Suryo dinyatakan lengkap.

NEWS | 29 September 2022

Lukas Enembe Susah Bicara, AHY Akui Ada Kesulitan Komunikasi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku kesulitan berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedang sakit strok.

NEWS | 29 September 2022

Literasi Anak, Erha Clinic Luncurkan 3 Taman Baca di Semarang

Erha Clinic meluncurkan tiga Taman Baca Jendela Dunia di Kelurahan Sekayu, Semarang untuk meningkatkan budaya minat baca dan literasi anak.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Brigadir J, AKBP Ridwan Soplanit Jalani Sidang Etik Hari Ini

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Rheky Nellson Soplanit menjalani sidang etik imbas dari kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022

AHY Sebut Partai Demokrat Siap Bantu Lukas Enembe jika Dibutuhkan

Ketua Umum Partai Demokrat AHY menyatakan pihaknya siap memberikan bantuan hukum kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini menjadi tersangka KPK.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Brigadir J, Kombes Murbani Budi Pitono Dijatuhi Sanksi Demosi 1 Tahun

Mantan Kabag Renmin Divpropam Polri Kombes Murbani Budi Pitono dijatuhi sanksi demosi satu tahun imbas dari kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022

Orang Miskin di Dubai Bisa Dapat Roti Gratis di Mesin Otomatis

Orang miskin di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) kini bisa mendapatkan roti hangat gratis di mesin otomatis.

NEWS | 29 September 2022

Jadi Tersangka KPK, Lukas Enembe Dinonaktifkan dari Partai Demokrat

Gubernur Papua Lukas Enembe dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Papua setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

NEWS | 29 September 2022

Buka Lowongan, Kini Non PNS Bisa Jabat Dirjen Imigrasi

Seleksi Dirjen Imigrasi kali ini dibuka khusus dari kalangan non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang kini dikenal dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

NEWS | 29 September 2022

Besok, Putri Candrawathi Wajib Lapor ke Bareskrim Polri

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi akan menjalani wajib lapor pada besok, Jumat (30/9/2022) dalam statusnya sebagai tersangka kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Tahap 2 Roy Suryo Dinyatakan Lengkap

Berkas Perkara Tahap 2 Roy Suryo Dinyatakan Lengkap

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings