Logo BeritaSatu

Museum Pusaka Gelar Pameran Keris Bersama Astajaya

Sabtu, 14 Desember 2019 | 08:15 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Menjelang Hari Pengakuan Keris Dunia 2020, Museum Pusaka Bersama Astajaya menggelar Pameran Keris, serta mencanangkan “Year of Keris Legacy 2020”.

Kick off “Year of Keris Legacy 2020 (YKL20)” telah mulai digelar komunitas pelestarian keris di Jakarta bernama Astajaya (Ajang Silaturahmi Tosan Aji Jakarta Raya) bekerja sama dengan Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan mengadakan Pameran Pesona Keris Ganan di TMII, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).

Ketua Umum Astajaya, Cakra Wiyata mengatakan YKL20 merupakan penghargaan kepada para tokoh tokoh pendahulu pelestari Keris di Indonesia. Dalam hal ini sosok Bp. Haryono Haryo Guritno tokoh yang berhasil mengangkat proposal keris untuk diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia pada tahun 2005 diangkat menjadi tokoh utama dalam event penghargaan ini.

"Kami sebagai komunitas pelestari Keris merasa wajib untuk mengambil tongkat estafet dan meneruskan warisan ini untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Sebelumnya Museum Pusaka ini dulu dibuat oleh Ibu Tien Suharto (alm) karena menerima koleksi keris haji mas Agung, sehingga museum Pusaka adalah tempat yang tepat untuk menggelar acara ini" ujar Cakra Wiyata.

"Menuju acara puncak di bulan November 2020 dimana dunia telah mengakui Keris sebagai Warisan Dunia melalui Unesco, sepanjang tahun kedepan kami menggelar berbagai acara pameran keris, talk show, lomba membuat keris, lomba fotografi, lomba video 1 menit untuk sosialisasi di media sosial juga lomba desain keris dengan tema yang sebelumnya disampaikan oleh presiden Jokowi dengan filosofi ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ dan pemenang utama akan dijadikan keris asli, yang akan kami tampilkan pada penghujung acara Year of Keris Legacy 2020," imbuhnya.

Astajaya memiliki keinginan untuk menyebarluaskan keris sebagai warisan budaya dunia, dengan mengadakan pameran Keris Ganan dan Kick off YKL20. Astajaya Bersama Museum Pusaka berharap dapat menciptakan momentum agar semua insan perkerisan dan umum, khususnya Generasi Mileniall dan Gen Z, untuk dapat terlibat langsung untuk mengenal keris lebih dekat.

"Tidak mungkin Museum atau Komunitas bekerja sendiri untuk membudayakan keris yang masih dianggap memiliki sesuatu hal negatif didalamnya. Kami ingin menyebarkan pengenalan akan Keris yang sesungguhnya kepada generasi penerus. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu berbagai inisiatif lain dari berbagai komunitas maupun individu di sepanjang tahun ke depan" katanya menutup perbincangan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan pernyataan resmi merespons tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua: Lukas Enembe Harus Dijemput Paksa jika Mangkir Lagi

Ketua Generasi Garuda Sakti Indonesia Provinsi Papua, Apbsalom Yarisetouw menegaskan Gubernur Papua Lukas Enembe harus dijemput paksa jika mangkir lagi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Giring Ganesha: Semoga Menjadi yang Terakhir

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ratusan orang dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Skema Pengamanan di Stadion Dipertanyakan

Tragedi Kanjuruhan, terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya. Peristiwa yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia tersebut menyisakan pilu.

NEWS | 2 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 2 Oktober 2022

Infografik penerima vaksin Covid-19 sampai 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Pelatih Timnas Shin Tae-yong Merespons Tragedi Kanjuruhan

Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan turut berduka atas tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

NEWS | 2 Oktober 2022

200 Aktivis Lingkungan Dibunuh di Seluruh Dunia, Tahun 2021

Sekitar 200 aktivis lingkungan dibunuh di seluruh dunia pada tahun 2021, termasuk sekitar 54 orang di Meksiko.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 2 Oktober 2022

Infografik kasus aktif Covid-19 sampai 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil: Siapa pun Presidennya Harus Didukung

Ridwan Kamil mengungkapkan, siapa pun presiden yang terpilih pada 2024, masyarakat harus mendukung dan menerima hal itu.

NEWS | 2 Oktober 2022

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 2 Oktober

Infografik prevalensi tertinggi Covid-19 di 10 provinsi pada 2 Oktober 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings